Beranda Ekonomi 5,4 Persen Pertumbuhan Ekonomi Tercapai

5,4 Persen Pertumbuhan Ekonomi Tercapai

3 views
0
BERBAGI
alterntif text

Jakarta, Akuratnews.com – Pemerintah masih meyakini dan pede target pertumbuhan ekonomi 5,4 persen dalam RAPBN 2018 dapat tercapai meski tahun depan masih akan dihadapkan berbagai tantangan ekonomi global maupun domestik.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku target 5,4 persen masih reacble meski haru upaya ekstra.

“Kami tetap menganggap 5,4 persen itu masih ‘reachable’ atau bisa dicapai. Namun memang upayanya ekstra keras,” kata Sri dalam rapat kerja membahas RAPBN 2018 dengan Komisi XI di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/09/17).

Menurutnya untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi 5,4 persen, maka konsumsi harus tumbuh di atas 5 persen. Pada 2018 mendatang, konsumsi ditargetkan tumbuh 5,1 persen.

Sementara itu, dari sisi pembentukan modal tetap bruto (PMTB) atau investasi sendiri ditargetkan tumbuh 6,3 persen pada tahun depan.

Masih kata Sri, tantangan terbesar pada 2018 yaitu pertumbuhan kredit industri perbankan, yang harus tumbuh cukup kuat untuk menopang pertumbuhan ekonomi domestik.

Untuk tahun ini saja, kata dia kredit perbankan harus meningkat sebesar Rp370 triliun dibandingkan tahun lalu untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 5,2 persen.

Sedangkan untuk tahun depan, kredit perbankan harus meningkat Rp483 triliun untuk mencapai 5,4 persen.

“Dari sisi perbankan, kredit investasi harus tumbuh lebih tinggi. Dari 11-13 persen pada tahun ini menjadi 13-15 persen pada tahun depan,” terangnya.

Selain itu, Sri juga mengharapkan belanja yang optimal dari BUMN untuk mencapai target 5,2 persen. Dari pasar modal, ia juga berharap ada kontribusi dari sisi investasi mencapai Rp855 triliun.

Sedangkan untuk penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) diharapkan dapat mencapai Rp799 triliun. (Lukman)

alterntif text

LEAVE A REPLY