Beranda Opini Analisa Hukum Terhadap Puisi Ibu Sukmawati

Analisa Hukum Terhadap Puisi Ibu Sukmawati

113
0
BERBAGI
alterntif text

Opini, Akuratnews.com – Dalam penggalan puisi Ibu Sukmawati terdapat frase kalimat “Aku tak tahu Syariat Islam yang kutahu sari konde Ibu Indonesia sangatlah Indah lebih cantik dari cadar dirimu” dan frase kalimat lainnya adalah “Aku tak tahu syariat Islam yang kutahu suara kidung Ibu Indonesia, sangat elok Lebih merdu dari alunan adzan mu”

Cadar merupakan ajaran agama Islam, sedangkan adzan adalah panggilan telah tiba waktu sholat untuk ummat Islam.

Dengan membandingkan sesuatu yang ibu Sukmawati tidak paham dan isinya bersifat sangat merendahkan ajaran agama Islam, maka unsur perbuatan penodaan terhadap agama Islam jelas telah terpenuhi.

alterntif text

Pasal 156a KUHPidana menyebutkan:
“Dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya lima tahun barang siapa dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan yang bersifat permusuhan, penyalahgunaan, atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia”.

Maka semestinya aparat penegak hukum dapat langsung memproses kasus penodaan agama tersebut, sebab itu bukan delik aduan. Jadi tidak perlu menunggu ummat Islam melaporkan dan turun kejalan untuk menuntut keadilan.

Apabila aparat penegak hukum masih harus menunggu Laporan, maka kami atas nama Lembaga Bantuan Hukum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Islam dan Dewan Pimpinan Pusat Forum Syuhada Indonesia menyerukan kepada seluruh ummat Islam diseluruh Indonesia utk membuat Laporan Polisi di Mabes Polri, Polda, Polres ataupun Polsek-polsek diseluruh Indonesia.

PenulisĀ Oleh: Khoirul Amin
(Direktur LBH PP Gerakan Pemuda Islam & Forum Syuhada Indonesia)

LEAVE A REPLY