Beranda Internasional Bahas Krisis Rakhine, Menlu Retno Temui PM Bangladesh

Bahas Krisis Rakhine, Menlu Retno Temui PM Bangladesh

111
0
BERBAGI
alterntif text

Bangladesh, Akuratnews.com – Hari ini, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dijadwalkan akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Bangladesh, Shahidul Haque dan Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina untuk membicarakan krisis Rakhine State.

Pada pukul 16.00 sore waktu setempat, Menlu Retno akan bertemu dengan Menlu Bangladesh dan dilanjutkan bertemu PM Hasina pada pukul 19.00 waktu setempat.

Utamanya, kedua pertemuan ini akan membahas bantuan Indonesia untuk Rohingya yang melarikan diri ke perbatasan Bangladesh.

Saat ini, lebih dari 40 ribu pengungsi Rohingya dari Rakhine State berada di perbatasan antara Bangladesh dan Myanmar serta di Cox’z Bazar.

Kunjungan Menlu Retno ke Bangladesh adalah kunjungan lanjutan di mana sebelumnya ia mengunjungi Myanmar dan bertemu dengan pemimpin de facto Aung San Suu Kyi.

Menlu Retno pun sudah menyampaikan empat usulan Indonesia kepada Suu Kyi. Menurut laporan, Suu Kyi pun menerima dengan baik usulan Indonesia tersebut.

Menlu Retno mewakili Pemerintah Indonesia menyampaikan usulan formula 4+1 dalam mengatasi situasi di Rakhine. Pertama, mengenai perdamaian dan keamanan, kedua perlindungan maksimum, menahan diri dan tanpa kekerasan, ketiga perlindungan tanpa memandang etnis dan agama, serta akses penyaluran bantuan kemanusiaan.

Selain empat usulan tersebut, satu lainnya adalah implementasi laporan Kofi Annan, Ketua Komisi Penasihat Negara Bagian Rakhine yang ditunjuk Pemerintah Myanmar sendiri. (Farhan)

alterntif text

LEAVE A REPLY