oleh

Bantu Korban Gempa NTB, Mobile Clinic Dompet Dhuafa “Jemput Bola”

Lombok, Akuratnews.com – Mobile Clinic Dompet Dhuafa “jemput bola” dalam membantu menangani korban gempa bumi di Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal ini dikarenakan banyaknya pasien yang datang dari wilayah yang jauh serta sulit mendapatkan akses kesehatan.

Mobile Clinic ini datang langsung ke pos-pos pengungsian guna memberikan pelayanan kesehatan untuk para korban bencana gempa. Tenaga medis Dompet Dhuafa terdiri dari dokter spesialis Bedah, spesialis Anastesi, Urolog, Spesialis Rehab Medik, dan spesialis Ortopedi yang berasal dari Layanan Kesehatan Cuma-Cuma dari beberapa wilayah di Indonesia.

Menangani pasien di lokasi bencana memberikan pengalaman tersendiri bagi tenaga kesehatan. Tenaga medis mungkin akan menemukan tantangan baru saat bertugas di lapangan. Misalnya saja seperti yang diungkapkan Dr. Sjarief Darmawan, SpB, salah satu dokter spesialis Dompet Dhuafa. Ia mengatakan semangat membantu para pengungsi dan korban yang mengalami kesulitan untuk mengakses pelayanan kesehatan.

“Alhamdulillah saya dan juga rekan-rekan dokter relawan, dapat membantu saudara saudara kita yang tertimpa musibah di sini. Semoga dapat membantu meringankan beban saudara kita yang tengah dilanda musibah,” ujar dr. Sjarief.

Selain layanan Mobile Clinic, tim DMC dan Dompet Dhuafa juga mendirikan posko pengungsian, mendirikan dapur umum lewat mobil Darling (Dapur Keliling), aksi layanan sehat, serta menurunkan tim Psychology First Aid.

Keberadaan Mobile Clinic sendiri dirasakan sangat bermanfaat dan membantu korban gempa. Dimana salah seorang korban gempa, Amak Sima yang terluka akibat melindungi cucunya dari reruntuhan gempa mengatakan mendapat penanganan Mobile Clinic dokter spesialis bedah dan spesialis anastesi dari Dompet Dhuafa.

“Saya tak mengira akan ada peristiwa seperti ini. Awalnya saya menemani cucu tidur. Tapi waktu salat isya itu, tiba-tiba gempa datang dan, ya begini, kepala saya tertimpa tembok saat melindungi cucu saya”, Ujar Amak Sima. (Rhm)

Komentar

News Feed