oleh

Eka Tjipta Jadi Orang Terkaya Indonesia

Jakarta, Akuratnews.com – Sepanjang tahun 2018, berdasarkan data Stockbit Screener ada sebanyak 19 saham yang telah menghasilkan keuntungan investasi (return) di atas 100 persen.

Bahkan, dari belasan saham tersebut, ada sebanyak 5 saham yang beri return lebih dari 200 persen hanya dalam jangka waktu 5 bulan.

Saham-saham tersebut adalah, Intikeramik Alamasri (IKAI), Erajaya Swasembada (ERAA), Indomobil Sukses Internasional (IMAS), dan dua saham emiten yang berada di bawah penguasaan Sinar Mas Grup, yaitu Indah Kiat Pulp & Paper (INKP) dan Tjiwi Kimia (TKIM).

Kenaikan signifikan harga saham-saham tersebut tentu membawa pengaruh besar, terutama kepada pemilik dua saham terakhir yang disebutkan sebelumnya.

Berdasarkan data Stockbit tersebut, saham INKP melesat 246,3 persen dan TKIM melonjak 352,05 persen.

Eka Tjipta Widjaja, selaku penguasa utama dari kerajaan bisnis Sinar Mas memperoleh berkah atas kenaikan harga saham INKP dan TKIM.

Kenaikan harga saham dua perusahaan tersebut, ditambah geliat positif berbagai bisnis lainya, membuat kekayaan Eka Tjipta bertambah sebesar US$4,01 miliar sepanjang tahun ini.

Total nilai kekayaannya pun kini telah melesat menjadi US$12,1 miliar dan membuatnya tercatat sebagai orang paling kaya di Indonesia.

Data Bloomberg Billionaire Index menyebut, kekayaannya saat ini mengungguli Rudi Hartono, bos Grup Djarum yang sempat menempati peringkat pertama orang terkaya di Indonesia.

Nilai kekayaan Rudi sendiri, di periode yang sama capai US$12 miliar.

Bloomberg menyebut, Eka Tjipta menguasai separuh kepemilikan di produsen minyak sawit terbesar kedua dunia, Golde Agri Resources.

Ia juga menguasai 59 persen kepemilikan pada kelompok perusahaan keuangan Sinar Mas Multiartha, dan juga kepemilikan signifikan pada bisnis pulp, kertas, pembangkit listrik, tambang batubara, telekomunikasi dan juga properti.

Disebutkan pula oleh Bloomberg, semua kekayaan Eka Tjipta Widjaja sebesar US$12,1 miliar tersebut bila dibelikan emas akan mencapai 9,29 juta troy ounces atau dapat dibelikan sebanyak 158 juta barel minyak mentah.

Bahkan, menurut laporan tersebut, total kekayaan Eka Tjipta setara dengan 0,06 persen total GDP Amerika Serikat dan sekitar 0,22 persen dari total kekayaan 500 orang paling kaya di dunia. (Dhe)

Komentar

News Feed