Beranda Nasional Enam Mahasiswa Riau Luncurkan Delapan Aplikasi Berbasis Android

Enam Mahasiswa Riau Luncurkan Delapan Aplikasi Berbasis Android

67
0
BERBAGI
alterntif text

Riau, Akuratnews.com – Enam mahasiswa jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau yang tergabung dalam “Circlebit Lab” meluncurkan delapan aplikasi menarik berbasis Android.

“Beragam aplikasi telah kita kembangkan dan luncurkan. Di antaranya adalah aplikasi chatting, Game dan penerjemah bahasa, yang saat ini bisa di unduh di Playstore,” kata Imron Rosadi, salah satu dari enam mahasiswa kreatif tersebut di Pekanbaru, Kamis (15/12/16).

Imron yang merupakan mahasiswa semester tujuh tersebut mengatakan Circlebit Lab merupakan tim pengembang aplikasi “mobile” yang beranggotakan enam mahasiswa.

Keenam mahasiswa tersebut adalah Ridho Ade Putra, Bayu Anggara, Fajar Risky Hidayat, Eko Saputra, Rahmat Tanri Busra dan dirinya Imron Rosadi. Seluruhnya merupakan mahasiswa semester tujuh Fakultas Teknik Informatika.

Circlebit Lab akan menjadi salah satu dari 100 peserta Festival Industri Kreatif Riau 2016. Festival ini terselenggara atas kerja sama Kantor Berita Antara Biro Riau, Bank Indonesia Provinsi Riau dan Sinarmas Group.

Festival Industri Kreatif Riau 2016 akan belangsung pada 17 Desember 2016 di Pelataran Parkir BI Perwakilan Riau Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru mulai pukul 08.00 WIB. Bersamaan dengan itu juga digelar seminar di lantai tiga ruang serbaguna BI Riau.

Menurut Imron, Circlebit Lab yang mulai berdiri sejak 2015 silam tersebut dicetuskan oleh rekannya, Ridho Ade Putra. Ia mengatakan salah satu alasan terbentuknya Circlebit Lab tersebut adalah berkembangnya usaha kreatif yang dilakukan oleh anak-anak muda Indonesia.

“Kita ingin menjadi bagian dari pelaku usaha kreatif tersebut,” ujarnya.

Hasilnya, mereka berhasil meluncurkan aplikasi chatting bernama “Mblo Chat”. Kemudian menyusul aplikasi lainnya seperti penerjemah daring bahasa Jepang-Indonesia, serta sejumlah permainan seperti mini raft, lumber boy, tarompa, tebak kata, dan puzzle 48.

Mblo chat, kata Imron, masih merupakan aplikasi yang cukup diminati pengguna. Berdasarkan penelusuran Antara di aplikasi “Play Store”, Mblo Chat telah diunduh lebih dari 10 ribu kali.

“Meski begitu kami sadar masih banyak kekurangan. Ini yang kami harapkan untuk terus dapat masukan dengan pengembangan aplikasi kita,” ujarnya.

Lebih jauh, Circlebit Lab berharap Pemerintah Provinsi Riau dapat memberikan perhatian demi pengembangan aplikasi-aplikasi yang telah diluncurkan mereka.

“Kita ingin seperti teman-teman di Jawa, Bandung yang sangat diperhatikan pemerintahnya. Contohnya dari pemasaran,” ujarnya.

Terlebih lagi, saat perayaan ulang tahun Provinsi Riau ke 59 lalu, Gubernur menetapkan tema Riau Go.It, sehingga seharusnya itu sejalan dengan apa yang telah lakukan dalam setahun terakhir.

Terakhir, dia mengimbau kepada pengguna ponsel pintar yang penasaran dengan aplikasi yang dikembangkan tersebut dapat langsung mengunjungi Stand Circlebit Lab di Bank Indonesia pada Sabtu lusa. (Muji)

alterntif text

LEAVE A REPLY