Beranda Wisata Festival Lembah Baliem yang Mendunia Akan Segera di Gelar

Festival Lembah Baliem yang Mendunia Akan Segera di Gelar

2 views
0
BERBAGI
alterntif text

Jakarta, Akuratnews.com – Guna mengangkat tujuan wisata Papua di kancah internasional, Pemerintah Daerah Jayawijaya, Dinas Pariwisata Jayawijaya serta Kementerian Pariwisata akan menggelar Festival Budaya Lembah Baliem yang ke-28 pada 8 hingga 11 Agustus 2017, di Distrik  Welesi, Kabupaten Jayawijaya Papua.

“Festival Lembah Baliem ini adalah festival tertua di Papua, dimana ratusan suku yang tersebar diseluruh pulau akan menunjukkan kebudayaan mereka. Selama Festival, para pengunjung juga akan berpartisipasi dalam tarian dan berinteraksi langsung dengan masyarakat Papua,” ujar Bupati Jayawijaya, John Wempi Wetipo, saat jumpa pers di Jakarta, Jumat (28/7/17).

Melalui Festival ini dirinya berharap budaya peninggalan leluhur di daerah Jayawijaya yang mulai terkikis seiring perkembangan zaman, dapat terus dinikmati oleh masyarakat Jayawijaya & Papua khususnya, serta Bangsa Indonesia pada umumnya.

“Dengan adanya kegiatan Festival Budaya Lembah Baliem 2017 ini, diharapkan dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat yang ada di Jayawijaya, baik itu sopir, pemilik mobil, pemilik hotel, pemilik toko, serta meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di sektor pariwisata,” katanya.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Pelaksana FBLB 2017, Gemiantoro Rahardjo, menyatakan pada Festival Budaya Lembah Baliem ke 28 ini, akan ada beberapa kategori baru yang akan di tampilkan, diantaranya pemecahan rekor MURI (ORI) dan RHR untuk Kategori Lempar 1000 Sege (tombak tradisional suku Dani).

“Ada juga lomba foto dengan total hadiah puluhan juta rupiah, atraksi Budaya Lembah Baliem, keterampilan memainkan alat musik PIKON (alat musik tradisional Jayawijaya), atraksi perang-perangan oleh 3000 (tiga ribu) peserta dari 40 Distrik di Kab. Jayawijaya, atraksi tari-tarian tradisional Lembah Baliem, karapan babi serta lomba membuat api ala Suku Dani,” jelas dia.

“Persiapan di lokasi acara saat ini sudah mencapai 90 persen untuk acara pembukaan sampai dengan penutupan FBLB 2017. Tim dari Rekor MURI akan tiba di Wamena pada 3 Agustus 2017 untuk memeriksa kesiapan acara” pungkasnya. (Guril).

 

alterntif text

LEAVE A REPLY