Beranda Ekonomi Fluktuasi Rupiah Buat Investor Asing Lepas Saham

Fluktuasi Rupiah Buat Investor Asing Lepas Saham

73
0
BERBAGI
alterntif text

Jakarta, Akuratnews.com – Aksi lepas saham oleh investor asing karena fluktuasi mata uang rupiah yang cenderung melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

“Saya sempat berbincang dengan investor asing, mereka bilang fundamental ekonomi Indonesia sebenarnya bagus, tapi kalau ‘currency’-nya lemah lebih baik jual dulu,” ujar Direktur Utama BEI Tito Sulistio di Jakarta, Selasa (6/12/16)

Sejak 8 November 2016 hingga saat ini tercatat investor asing membukukan jual bersih atau “foreign net sell” sekira Rp14 triliun.

Namun, keluarnya investor asing dari pasar saham domestik dijadikan kesempatan oleh investor lokal baik institusi maupun ritel untuk mengakumulasi pembelian saham. Itu akan berdampak positif bagi stabilitas pasar saham di dalam negeri.

“Meski asing keluar, namun masih relatif kondusif. Sementara itu pembeli lokal yang paling banyak dari lembaga asuransi dan ritel,” katanya.

Berdasarkan data BEI, sejak awal tahun hingga 6 Desember 2016 ini, secara akumulasi investor asing masih membukukan beli bersih atau “net buy” sebesar Rp17,963 triliun. (Sania)

alterntif text

LEAVE A REPLY