Beranda Megapolitan Gubernur DKI Jakarta Tegaskan Rumah Sakit Wajib Beri Pertolongan Maksimal kepada Semua...

Gubernur DKI Jakarta Tegaskan Rumah Sakit Wajib Beri Pertolongan Maksimal kepada Semua Orang

1 views
0
BERBAGI
alterntif text

Jakarta, Akuratnews.com –  Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menegaskan, pertolongan pertama di rumah sakit adalah suatu kewajiban. Ini berlaku bagi siapa pun tak terkecuali masyarakat kurang mampu.

“Itu harus, wajib (bagi rumah sakit) memberikan pertolongan secara maksimal pada siapa pun juga. Itu skala prioritas, itu kode etik dari dokter dan rumah sakit,” kata Djarot di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu (10/09/17).

Pernyataan Djarot, untuk menanggapi kasus kematian bayi Tiara Deborah Simanjorang. Orang tua bayi Deborah tak mampu menyelesaikan masalah administrasi keuangan di Rumah Sakit, sehingga sang anak meninggal.

Terkait kematian bayi Deborah, Djarot mengaku bakal meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta untuk menyelesaikan kasus itu. Nantinya, Dinkes akan memeriksa RS Mitra Keluarga Kalideres serta para tenaga medis yang menangani bayi Deborah sebelum wafat.

“Bener enggak dia ( RS Mitra Keluarga) tidak memberikan perawatan yang semestinya sesuai standar kedokteran dan pelayanan rumah sakit. Itu sudah diurusin sama Dinas Kesehatan ya. Nanti saya ketemu sama Dinas Kesehatan,” beber dia.

Sebelumnya, kasus kematian bayi Deborah sempat membuat heboh. Namun, pihak RS Mitra Keluarga kemudian membantah tak memberikan pertolongan yang sesuai dengan kewajiban.

Pihak RS menyatakan bahwa orang tua Deborah keberatan dengan dana yang harus dibayar sebelum masuk PICU mengingat kondisi keuangan. Setelah itu Debora rencananya akan dirujuk ke RS yang bermitra dengan BPJS.

Namun, belum sempat mendapatkan RS yang dapat menolong bayi malang itu, kondisi Deborah justru kian memburuk. Sampai akhirnya Deborah menghembuskan nafas terakhir. (Ade)

alterntif text

LEAVE A REPLY