oleh

Gunung Agung Meletus, Ketinggian Abu Capai 1.000 Meter

Bali, Akuratnews.com – Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali meletus Sabtu (19/05/18) sekitar pukul 17.19 Wita. Kali ini Gunung Agung mengeluarkan abu sampai ketinggian 1.000 meter dari puncak yang condong mengarah ke arah tenggara.

“Ya tadi Gunung Agung erupsi. Wajar karena kita masih merekam gempa-gempa vulkanik maupun tektonik lokal di sisi utara,” jelas Kepala Sub-Bidang Mitigasi Pemantauan Gunungapi Wilayah Timur PVMBG, Devy Kamil Syahbana.

Dia menerangkan, bahwa gempa-gempa tersebut dapat mengindikasikan masih adanya suplai magma di dalam Gunung Agung meskipun dengan laju lambat. Seperti diketahui bahwa saat ini status Gunung Agung masih berada di level III.

“Gunung Agung masih belum sepenuhnya stabil. Masih memungkinkan terjadi erupsi, namun ancaman bahayanya masih terlokalisir di sekitar kawah dan di dalam radius 4 km sesuai dengan rekomendasi PVMBG,” terangnya.

Berdasarkan pengamatan PVMBG dalam enam jam ini terjadi dua kali gempa. Gempa letusan terjadi 1 kali dan gempa Tektonik Jauh terjadi 1 kali.

Dia menegaskan, bahwa rekomendasi untuk masyarakat masih tetap sama yaitu warga dan wisatawan dilarang beraktivitas didalam radius 4 km dari kawah puncak Gunung Agung. (Red)

Komentar

News Feed