Beranda Politik Hanura Makin Optimis di Pilkada Serentak dan Pemilu 2019

Hanura Makin Optimis di Pilkada Serentak dan Pemilu 2019

97
0
BERBAGI
Pertemuan OSO dengan Kader Hanura
alterntif text

Jakarta, Akuratnews.com – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menyatakan optimis meraih lebih banyak kemenangan di pilkada 2017 dan Pemileg 2019. Demikian hasil “Diskusi Akhir 2016 dan Proyeksi 2017” Tim Pilkada Pusat (TPP) DPP Partai Hanura yang digelar di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Rabu. (28/12).

Untuk pilkada 2017, TPP Hanura optimis meraih kemenangan di 47 daerah. Sedangkan untuk Pemileg 2019, Hanura akan mampu menempatkan, setidaknya 50 wakilnya di parlemen. Saat ini, Partai Hanura memiliki 16 kursi di parlemen, turun 1 kursi dari periode sebelumnya.

“Hasil evaluasi kami hingga akhir bulan ini, hanya ada beberapa paslon yang alami hambatan sehingga mengganggu program-program pemenangan yang sudah direncanakan”. ungkap Erik Satrya Wardhana, Ketua TPP Hanura.

Untuk diketahui, paska Munaslub 21 Desember 2016 yang menetapkan Oesman Sapta Odang (OSO) sebagai Ketua Umum, dan Wiranto menjadi Ketua Dewan Pembina Partai Hanura, TPP Hanura secara cepat melakukan penyesuaian dan kalkulasi. Bergabungnya OSO diikuti oleh 34 anggota DPD RI yang berasal dari 14 Propinsi. TPP melakukan kalkulasi untuk memaksimalkan potensi mereka, baik untuk Pilkada serentak tahun depan maupun Pemileg 2019.

50 Kursi DPR RI

TPP Hanura juga melakukan Adjustment pada perencanaan pemileg 2019. Alasannya karena Pilkada serentak di 2017 dan 2018 akan memberi pengaruh pada Pemileg 2019. Ditambah dengan bergabungnya 34 anggota DPD RI yang akan memperluas basis pemilih partai besutan Wiranto tersebut.

Daerah pemilihan (dapil) DPD RI adalah propinsi, sedangkan dapil DPR RI bisa berupa gabungan kabupaten/kota, atau satu propinsi.

“Dengan bergabungnya 34 anggota DPD RI dari 14 Propinsi, maka paling minim kami akan menambah 14 kursi untuk DPR RI”, jelas Erik.

Namun, lanjut Erik, ada propinsi (dapil DPD) yang terdiri dari banyak dapil DPR RI seperti Jabar, Jateng dan Jatim. Sehingga potensi tambahan raihan kursi akan lebih banyak lagi.

“Hasil kalkulasi kami, di Jabar saja ada 4 dapil lagi yang berpotensi meraih kursi. Berarti akan menjadi 8 kursi dari Jabar nanti,” kata Erik.

Pada Pemileg 2014 Hanura meraih 4 kursi dari 4 dapil di Jabar. Erik menyebut dapil Jabar 4, 5, 7, dan 10 sebagai dapil yang berpotensi memberi tambahan kursi. Secara keseluruhan, Hanura optimis raih 50 kursi di pemileg mendatang.

“Pendeknya, ‘modal politik’ yang sudah bertambah saat ini kami respon melalui strategi yang memadai , dan dalam waktu yang cukup”. Tutup Erik. (Ahyar)

alterntif text

LEAVE A REPLY