oleh

Harga Tiket Bus Mudik Lebaran Naik 100 Persen, Calon Penumpang Kecewa

Bogor, Akuratnews.com – Armada Bus yang sejatinya sebagai angkutan masal pasca mudik lebaran dirasakan tidak nyaman oleh calon para penumpang, dimana pelaku usaha armada bus melalui agen telah menaikan harga tiket 100 persen dengan mengambil keuntungan secara sepihak.

Seperti kejadian di Agen tiket bus yang berada di Citeureup ini. Keterangan dari di agen PO Rosalia Indah, Ana mengatakan, perusahaan tempat mengelola tiket, telah menaikan harga tiket disemua kelas dari patas atau pun eksekutip, untuk tiket jurusan solo yang biasa dijual 215 ribu naik menjadi 490, sedangakan patas dari harga 115 ribu menjadi 415 ribu.

“Untuk tiket pemberangkatan tanggal 23-24 Juni sudah ludes terjual bang, kenaikan semuanya kebijakan dari perusaahan, Kalau saya hanya menjualnya sesuai harga yang telah ditentukan”, jelasnya.

Ditempat terpisah Pengurus agen Po Dwi Sri, Yono mengatakan, untuk bus tujuan Tegal- Pekalongan dan sekitarnya, harga tiket naik 100 persen. semula ekonomi 65 ribu menjadi 140 ribu sedangkan patas AC semula 75 ribu kinj dijual menjadi 150 ribu.

Menurut Yono, dirinya juga menjual tiket pahala kencana dan Agra mas, smuanya sudah terjual untuk pemberangkatan tanggal 23-24 Juni. Sedangkan harga tiket PO Nusantara jurusan kudus dari 195 ribu – 375 ribu, Agra Mas jurusan Wonogiri semula 165 ribu hingga 410 ribu, Po Pahala Kencana jurusan Solo semula 170 ribu hingga 360 ribu.

“Semua sudah ketentuan perusahaan bang, saya hanya menjalankan,” jelasnya.

Akibat tingginya harga tiket membuat calon pemudik Merasa keberatan, mereka menilai pengelola bus telah mengeruk keuntungan diatas penderitaan orang lain.

Udin (35) asal Wonogiri, salah satu calon penumpang menuturkan akan keraguannya untuk pulang ke kampung halaman.

“Harga tiket tinggi banget naiknya 100 persen, saya jadi mikir mau mudik kalau begini, perusahaan bus menaikan harga semaunya. mereka pikir kami ini gudang duit, Terangnya kepada akuratnews.com, Kamis (15/6/17).

Harapan ingin mudik menggunakan transportasi bus, Udin malah mengurungkan niatnya dan berencana menggunakan sepeda motor.

“Tadinya mau naik bis, karna harga bis mahal banget ya sudah saya mudik naik sepeda motor saja yang murah,” terangnya.

Hal senada juga dikatakan Atin ( 34) dirinya terkejut saat mengetahui kenaikan harga tiket bus yang naik secara signifikan menjelang lebaran tersebut.

“Mahal banget tiketnya, naiknya ndak kira-kira, kalau begini saya naik kendaraan roda dua saja lebih murah,” paparnya.

Udin dan Atin berharap kepada pemerintah supaya menegur perusaahan jasa angkutan yang menaikan harga tiket semaunya sendiri dan berharap pemerintah memberikan teguran, Karena apapun itu rakyatlah yang tetap mederita dan menjadi korban.

Menurut mereka berdua saat ini mau naik kereta api tiket sudah habis, mau naik pesawat terebang tiket mahal, mau naik armada bus juga mahal, pilihan terakhir menggunakan sepeda motor.(Toro)

Komentar

News Feed