oleh

Hasil Uji Materi Wapres Tidak Berlaku di Pilpres 2019

Jakarta, Akuratnews.com – Pesta demokrasi pilpres 2019 semakin memanas, ditambah lagi waktu pendaftaran Capres Cawapres tersisa 2 hari lagi. Banyak pihak yang menanti hasil proses uji materi wapres yang masih berjalan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Adapun uji materi ini terkait dengan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Pasal 169 huruf n dimana ini diajukan oleh Partai Perindo. Beberapa pihak juga menyarankan agar diketok MK setelah tanggal 10 Agustus 2018.

Hal ini juga sejalan dengan apa yang disampaikan mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Jimly Asshiddiqie. Ia mengatakan agar putusan itu diketok setelah tanggal 10 Agustus 2018. Itu artinya hasil putusan ini tidak berlaku untuk Pilpres 2019 karena masa pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden telah resmi ditutup Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Terkait jabatan wapres, banyak pihak yang menggelar forum diskusi publik tak terkecuali Persatuan Pergerakan.

Diskusi publik yang digelar Persatuan Pergerakan ini mengusung tema “Ujian Konstitusi Jabatan Wapres”, dimana diskusi ini diselenggarakan pada Senin, (6/8/2018) bertempat di Restoran Raden Bahari, Mampang, Jakarta Selatan. Diskusi ini dihadiri narasumber Hadar Navis Gumay (mantan Komisioner KPU), Titi Anggraini (Perludem), Ray Rangkuti (Lingkar Madani), dan Chudry Sitompul (Pakar Hukum UI). (Ahy)

Komentar

News Feed