Beranda Olahraga Indonesia Meraih Kemenangan 2-1 Atas Thailand

Indonesia Meraih Kemenangan 2-1 Atas Thailand

1 views
0
BERBAGI
alterntif text

Bogor, Akuratnews.com – Timnas Indonesia kembali menunjukkan semangat pantang menyerah untuk meraih kemenangan. Bermain di depan pendukung sendiri di Stadion Pakansari, Boaz Solossa dkk berhasil bangkit dan membalikkan keadaan untuk meraih kemenangan 2-1 atas Thailand di leg pertama final Piala AFF 2016, Rabu (14/12/16) WIB.

Indonesia sempat tertingal lebih dulu lewat gol tandukan Teerasil Dangda pada babak pertama. Anak asuh Alfred Riedl berhasil menyamakan kedudukan lewat tembakan keras Rizki Pora pada menit 65. Gol tersebut memacu semangat laskar Merah-Putih. Hanya berselang lima menit, Indonesia akhirnya unggul 2-1 berkat gol tandukan dari bek Hansamu Yama Pranata.

Kemenangan ini membuat Indonesia membuka peluang untuk meraih gelar juara pertama di ajang Piala AFF. Tim Garuda hanya butuh hasil imbang di leg kedua yang akan digelar di Thailand tiga hari mendatang.

Thailand mengambil inisiatif serangan di menit menit awal. Peluang pertama dilaga ini diraih oleh tim tamu lewat tendangan keras dari luar kotak penalti dari Tristan Do.

Menit kedelapan giliran Indonesia yang memberi ancaman. Umpan jauh dari tengah masih bisa dikejar oleh Andik Vermansyah. Namun umpan tarik dari  di sisi kiri yang dilepaskan Andik masih terlalu kencang sehingga tak bisa djiangkau Boaz dan Lilipaly yang sudah menunggu di tengah.

Indonesia harus kehilangan gelandang Andik Vermansyah yang tak dapat melanjutkan pertandingan karena cedera pada menit ke-18. Sebagai gantinya, Riedl memasukkan Zulham Zamrun. Thailand kembali melancarkan serangan lewat tembakan jarak jauh kali ini lewat Sarach Yooyen. Tembakannya masih melenceng di atas gawang.

Indonesia berkali-kali mencoba menembus pertahanan Thailand dari sisi sayap, terutama sayap kiri. Tapi belum ada yang menghasilkan peluang bersih lantaran tangguhnya bek-bek sayap Thailand.

Gawang Indonesia akhirnya bobol pada menit ke-32. Berawal dari serangan yang dibangun Thailand dari sisi kiri, bek sayap Theerathon Bunmathan mengirimkan umpan akurat ke kotak penalti.

Teerasil Dangda yang berdiri tanpa kawalan meanduk bola tersebut ke arah pojok kiri bawah dan tak dapat diantisipasi oleh Meiga. Thailand unggul 1-0.  Ini adalah gol keenam Teerasil di Piala AFF 2016 dan tercatat sebagai pemain tersubur sementara.

Babak pertama, Indonesia tertinggal dari Thailand.

Lepas turun minum Thailand masih memegang kendali permainan. Bahkan babak kedua baru berjalan beberapa menit, The Elephant War langsung mendapatkan peluang emas lewat tusukan dari A-Nan. Beruntung Meiga masih sigap menggagalkan peluang tersebut.

Tim tamu semakin nyaman dengan umpan-umpan pendek atau dikenal dengan gaya tiki taka. Sementara laskar Merah-Putih tetap tak berkutik dan hanya mengandalkan serangan balik lewat umpan-umpan jauh yang bisa dengan mudah diredam oleh lawan.

Menit ke-20 Boaz mendapat ruang utuk melepaskan umpan tarik dari sisi kanan. Tapi sayang umpannya masih terlalu keras sehingga tak dapat dijangkau rekan-rekannya di dalam kotak penalti. Gol buat Indonesia akhirnya datang. Tendangan keras dari Rizky Pora pada menit ke-65 sempat mengenai tubuh pemain belakang Thailand. Bola yang berubah arah akhirnya tak dapat dijangkau oleh kiper lawan dan akhirnya gol untuk Indonesia tercipta. Seluruh suporter Indonesia yang memadati stadion Pakansari langsung bergemuruh menyambut gol tersebut.

Gol. Indonesia berhasil membalikkan keadaan setelah tandukan dari Hansamu Yama bersarang di pojok kiri atas gawang Thailand pada menit ke-70. Gol Hansamu tercipta berkat sepak pojok yang dilepaskan oleh Rizky Pora.

Pertengahan babak kedua, Riedl menarik keluar Benny Wahyudi dan Boaz untuk digantikan dengan dua penyerang baru Lerby Elliandry dan Ferdinan Sinaga.

Thailand terus mengurung pertahanan Indonesia pada sepuluh menit akhir pertandingan.  Namun solidnya dua bek tengah tim Garuda membuat semua peluang tersebut mentah.  Hingga empat menit waktu tambahan tidak ada gol yang tercipta. Indonesia menang 2-1 dari Thailand.

Berikut susunan pemain Timnas Indonesia vs Thailand:

Indonesia (5-4-1)

Kurnia Meiga; Benny Wahyudi, Abduh Lestaluhu, Fachruddin Aryanto, Hansamu Yama, Manahati Lestusen; Rizky Pora, Andik Vermansyah, Bayu Pradana, Stefano Lilipaly; Boaz Solossa

Thailand (4-4-2)

Kawin Thamsatchanan; Theerathon Bunmathan, Adison Promrak, Koravit Namwiset, Tristan Do; Kroetkrit Thawikan, Sarach Yooyen, Chanathip Songkrasin, Pokklaw A-Nan; Teerasil Dangda, Sarawut Masuk

 

(Toro)

alterntif text

LEAVE A REPLY