Beranda Hukum Ini Pihak-pihak yang Harus Dijamin Keamanannya Dalam Sidang Ahok

Ini Pihak-pihak yang Harus Dijamin Keamanannya Dalam Sidang Ahok

91
0
BERBAGI
alterntif text

Jakarta, Akuratnews.com – Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) Petrus Selestinus mempertanyakan jaminan keamanan bagi Jaksa Penuntut Umum (JPU), hakim, saksi-saksi, dan pihak-pihak yang nantinya terlibat di dalam persidangan kasus dugaan penistaan agama dengan tersangka Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Petrus mengatakan, keamanan itu harus dijamin oleh pemerintah, dalam hal ini Jaksa Agung, Mahkamah Agung, dan Menteri Hukum dan HAM.

“Apakah Jaksa Agung, Ketua Mahkamah Agung, dan Menteri Hukum dan HAM, sudah bisa memberikan jaminan rasa nyaman dan aman dari aspek psikis dan psikologis kepada para personel Jaksa Penuntut Umum, para personil Hakim berikut keluarganya, para saksi atau ahli?” kata Petrus kepada Akuratnews.comĀ , Kamis (8/12/2016).

Selain pihak-pihak tersebut, menurut anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) ini, yang harus lebih diperhatikan pengamanannya adalah tersangka Ahok beserta keluarganya.

“Lebih-lebih terdakwa dalam perkara dugaan penistaan agama yang dituduhkan kepada Ahok. Ahok dan keluarganya harus digaransi kenyamanan dan keamananya,” tegas Petrus.

Petrus menjelaskan, hal itu perlu karena kemandirian badan peradilan dan kebebasan hakim dalam keadaan on the track (keadaan bebas, tanpa tekanan, tanpa rasa takut mengikuti persidangan), sesungguhnya bermakna sebagai wujud nyata tanggung jawab negara menjamin terlaksananya kemandirian badan peradilan dan kebebasan hakim demi memberi rasa aman dan nyaman bagi semua pihak. (Aulisa)

alterntif text

LEAVE A REPLY