oleh

Jelang Royal Wedding, Pengamanan Windsor Diperketat

Inggris, Akuratnews.com – Pengamanan ekstraketat mulai terlihat di sepanjang ruas jalan utama Windsor tiga hari jelang pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Calon pasangan baru di keluarga Kerajaan Inggris ini akan mengikat janji di Kapel St George yang terletak di dalam area Kastil Windsor, Sabtu (19/05/18).

Jalanan diramalkan dibanjiri lebih dari 130 ribu orang yang ingin menjadi saksi kebahagiaan pasangan beda warga negara tersebut akhir pekan ini. Namun, belum lagi upacara resmi digelar, ribuan orang sudah mulai memilih spot terbaik, tempat mereka berdiri nanti.

Selain penonton, kontingen awak media juga terbilang besar. Termasuk 5.000 delegasi dari 79 media internasional-160 orang di antaranya fotografer.

Demi memastikan kelancaran acara dari prosesi, pawai pengantin baru, hingga jamuan resmi kenegaraan dan pribadi, ratusan polisi dikerahkan. Bekerja sama dengan otoritas lokal, mereka menyisir seputaran lokasi di antaranya bak sampah, drainase, sampai tunawisma, Rabu (16/05/18).

Mantan pengawal Pangeran Harry, Ken Wharfe, memastikan pengamanan diberlakukan 100 persen, walaupun menurutnya sangat kecil kemungkinan terjadi teror atau ancaman sejenis. “Rencana pengamanan sebenarnya sudah berlangsung sejak enam atau tujuh bulan lalu,” ujarnya kepada 9news.com.au.

Besok atau satu hari sebelum pernikahan, akses jalan masuk-keluar Windsor tertutup untuk mobil dan kendaraan roda empat lainnya. Blokade dimulai pada pukul 22.00 waktu setempat. Penembak jitu akan memagari kastil dan jalan utama. Intel akan berbaur di keramaian.

“Semua itu tentu saja bagian dari perlindungan Meghan dan Harry,” kata Wharfe menambahkan.

Istana Kensington memastikan, upacara pernikahan berlangsung di Kapel St George, Windsor. Kapel ini berkapasitas hanya 800 tamu. Jauh bila dibandingkan dengan Westmister Abbey, lokasi pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton, yang mengakomodasi hingga 2.000 orang.

Uniknya, pilihan tanggal pernikahan Pangeran Harry-Meghan bersamaan dengan Final FA Cup 2018 di Stadion Wembley, London. Namun, prosesi dimulai tepat tengah hari. Jadi, tidak ada kemungkinan jadwal ini “bentrok” dengan momen “libur nasional” sebab sepak bola.

Kemarin, lapor AFP, Istana Kensington juga mengumumkan daftar pagar ayu dan pagar bagus dalam upacara perkawinan ini. Di antara pagar ayu cilik, muncul nama Putri Charlotte (3)-anak kedua Pangeran William-Kate-dan Iva Mulroney. Gadis berusia 4 tahun ini adalah putri dari sahabat dekat keduanya dari kalangan sosialita Kanada, Jessica Mulroney.

Sementara Pangeran George (4) masuk daftar pagar bagus cilik, bersama kembar Brian dan John Mulroney (7).

Pernikahan keduanya rencananya dihadiri Andrew Morton, penulis buku biografi Putri Diana. Walaupun kondisi kesehatannya hingga kemarin belum sepenuhnya pulih setelah terserang stroke, Morton berharap bisa datang akhir pekan nanti. Morton juga menulis biografi Markle berjudul Hollywood Princess. (Red)

Komentar

News Feed