Beranda Nasional Kapolres Way Kanan yang Bermasalah dengan Wartawan Dimutasi ke Mabes Polri

Kapolres Way Kanan yang Bermasalah dengan Wartawan Dimutasi ke Mabes Polri

98
0
BERBAGI
Kapolres Waykanan, AKBP Budi Asrul (Kanan)
alterntif text

Jakarta, Akuratnews.com – Mabes Polri kembali melakukan rotasi sejumlah jabatan untuk perwira menengah. Kapolres Way Kanan AKBP Budi Asrul Kurniawan menjadi salah satu nama yang dimutasi berdasarkan surat telegram Kapolri yang beredar dengan nomor ST/2612/IX/2017 tertanggal Sabtu (09/09/17) kemarin.

AKBP Budi Asrul akan dimutasikan sebagai pamen pada Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri. Posisi yang ditinggalkan AKBP Budi Asrul akan digantikan oleh AKBP Doni Wahyudi, yang saat ini menjabat sebagai Koorspripim Polda Lampung.

AKBP Budi Asrul Kurniawan hanya enam bulan menjabat sebagai Kapolres Waykanan. Ia resmi sebagai Kapolres pada 20 Mei 2017, menggantikan AKBP Yudy Chandra Erlianto.

Meskipun sebentar menjadi Kapolres, AKBP Budi Asrul Kurniawan cukup memberikan kesan mendalam, terutama bagi dua wartawan lokal di Way Kanan.

AKBP Budi Asrul mendapatkan kritikan keras dan didemo di sejumlah tempat di Lampung dan daerah lain terkait kasusnya dengan dua wartawan lokal. Budi diduga menghalangi-halangi tugas wartawan dan mengeluarkan pernyataan tak pantas.

Adapun dua wartawan yang dihina oleh AKBP Budi Asrul adalah Dedi Tarnando (anggota IJTI Lampung) dan Dian Firasa (Wartawan online) di Lampung.

Aksi ini berlangsung ketika mereka sedang menjalankan tugas peliputan aksi penyetopan angkutan Batubara akhir Agustus 2017 lalu.

Dalam audio yang berdurasi 4 menit 4 detik, yang beredar di grup Whatsapp tersebut, Budi Asrul mengatakan dirinya tidak perlu bermitra dengan wartawan. Tak hanya itu, AKBP Budi Asrul juga mencemooh wartawan media cetak daerah Lampung dengan mengatakan media wartawan tersebut kelas cacingan.

Perwakilan wartawan kemudian menemui Kapolda Sudjarno dan melaporkan AKBP Budi Asrul Kurniawan ke Propram Polda Lampung.

AKBP Budi Asrul juga sempat menjalani pemeriksaan oleh Propam Polda Lampung. Penyelesaian kasusnya belum tuntas, AKBP Budi keburu ditarik ke Mabes Polri.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Sulistyaningsih, membenarkan mutasi tersebut. Namun, Sulis menampik mutasi AKBP Budi Asrul terkait dengan kasus kontra wartawan.

“Sama seperti mutasi biasa dalam tubuh Polri. Sertijabnya akan digelar pada dua minggu mendatang,” kata Sulis, Minggu (10/09/17).

Menurut Sulis, selain AKBP Budi Asrul Kurniawan beberapa perwira menengah Polri juga dimutasi.

Sebelumnya, Kadiv Propam Polri Irjen Martuani Sormin menegaskan bahwa, dirinya telah memerintahkan jajaran anak buahnya di Bidang Propam Polda Lampung untuk memeriksa AKBP Budi Asrul.

“Ya benar Kabid Propam Lampung sudah melakukan pemeriksaan kepada yang bersangkutan,” kata Martuani Rabu 30 Agustus 2017 lalu.

Lebih lanjut, Kadiv Propam menyebutkan bahwa Budi telah mengakui apa yang dilakukannya. Budi juga sudah merasa sadar bahwa apa yang diucapkannya tidaklah pantas.

“Yang bersangkutan sudah mengklarifikasi ucapannya yang tidak pantas kepada rekan-rekan wartawan dan meminta maaf ke warga,” jelas dia. (Wawan)

alterntif text

LEAVE A REPLY