Beranda Ekonomi Kemendag: Tata Kelola Distribusi Bahan Pokok Perlu diatur Kembali

Kemendag: Tata Kelola Distribusi Bahan Pokok Perlu diatur Kembali

108
0
BERBAGI
Kantor Kementerian Perdagangan
alterntif text

Jakarta, Akuratnews.com – Kementerian Perdagangan mengaku masih terus memperbaiki distribusi bahan pokok di wilayah Indonesia. Menurut, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita masalah jarak wilayah distribusi sangat mempengaruhi harga pasar buat kebutuhan bahan pokok sampai kepada masyarakat.

Apalagi, dia melanjutkan jarak 10 kilometer (km) mampu mempengaruhi harga bahan pokok di pasar. “Mata rantai itu membentuk harga yang berlebihan. Bawang Rp14 ribu dengan jarak 10 dan 30 km bisa menjadi Rp40 ribu. Kita akan atur mata rantai itu mulai beberapa produk olahan yang lebih mudah,” tuturnya di Jakarta, Kamis (5/1/17).

Enggar menambahkan rantai distribusi masih harus ditata kembali. Hal ini yang menjadi pedoman buat menentukan harga sampai kepada masyarakat. “Jadi, kita ikat di ujungnya, harga jualnya adalah sekian. Kita atur, Anda jualannya ke mana dan langsung,” jelasnya.

Enggar mencontohkan, seperti kerjasama antara Perusahaam Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) dengan Asosiasi Distributor Daging Indonesia (ADDI). “Dalam penyaluran daging langsung tidak lewat perantara. Sehingga pembentukan harga teratasi,” lanjut Enggar. (Naila)

alterntif text

LEAVE A REPLY