oleh

KPK Panggil Menteri Ignasius Jonan

Jakarta, Akuratnews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, Senin, (04/12/17).

Jonan akan diperiksa terkait kasus yang melibatkan Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Antonius Tonny Budiono.

“Yang beesangkutan (Ignasius Jonan) akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka ATB,” kata Kabag Humas KPK, Priharsa Nugraha.

Tampaknya dia akan diperiksa dalam kapasitasnya saat masih menjabat sebagai Menteri Perhubungan. Selain itu, penyidik KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap dua orang saksi lainnya.

Keduanya adalah Sekretaris PT Pelindo II, Santi Purunita dan Direktur Utama PT Multi Prima, Suniono. Untuk diketahui, Tonny terjaring dalam operas tangkap tangan (OTT) KPK karena diduga menerima suap dari Komisaris PT Adhi Guna Keruktama, Adiputra Kurniawan.

Suap ini diduga terkait proyek pengerjaan pengerukan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Setelah dilakukan pemeriksaan awal dan gelar perkara, KPK meningkatkan status penyelidikan ke penyidikan.

Tonny dan Adiputra ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini. Awalnya, Adiputra membuka rekening atas nama seseorang yang diduga fiktif.

Rekening tersebut kemudian diisi secara bertahap. Kartu ATM dari rekening tersebut diserahkan kepada Tonny. Melalui kartu ATM tersebut, Tonny dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan ataupun mencairkannya. (Dedy)

Komentar

News Feed