Beranda Daerah Lunturnya Tata Krama dan Budaya Remaja Masa Kini

Lunturnya Tata Krama dan Budaya Remaja Masa Kini

289
0
BERBAGI
alterntif text

Bogor, Akuratnews.com – Pada era modern saat ini perkembangan di era globalisasi semakin maju. Hal ini dibuktikan dengan kahidupan manusia yang awalnya bermula dari kesederhanaan seperti halnya tata krama maupun bahasa yang digunakan jaman dahulu dengan sekarang ini berbeda berubah menjadi kehidupan yang bisa di kategorikan sangat modern karena segala sesuatu yang dapat diselesaikan dengan cara yang praktis.

Hal ini didukung oleh globalisasi yang semakin menjamur di dunia.  Zahrotul Paujiah (19) Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Malang, Fakultas Kesehatan Jurusan keperawatan Semester IV. Menerangkan, pengertian globalisasi sendiri adalah meningkatkan hubungan sosial secara mendunia sehingga menghubungkan antara kejadian yang terjadi di lokasi yang satu dengan yang lain serta menyebabkan terjadinya perubahan pada keduanya.

“Selain didukung globalisasi era modern saat ini juga di dukung oleh perkembangan teknologi salah satunya adalah gadget”, katanya

Gadget adalah, lanjut Zahrotul, suatu benda yang sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan kehidupan seseorang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Semakin canggihnya gadget membuat seseorang semakin berubah dalam berperilaku.

“Indonesia yang dulu merupakan negara timur yang penduduknya ramah dan sopan, yang saling menghargai satu sama lain akan tetapi saat ini jarang ditemui dikarenakan pergeseran jaman (era modern adanya teknologi yang semakin canggih) sehingga menyebabkan manusia mengikuti arus perkembangan zaman”, terangnya.

Sarana prasarana yang memadahi globalisasi sekarang ialah gadget, gaya berpakaian seseorang, televisi, radio, dan juga bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Membicarakan tentang sarana prasarana globalisasi yang ada pada saat ini maka hal yang paling menonjol adalah GADGET.

Ya, gadget. jelasnya kepada Akutatnews.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan istilah gadget?, Saat ini semua manusia dari kalangan usia tua, muda, dewasa, bahkan anak-anak pasti kenal dengan yang namanya gadget.

Ia mengatakan, Tidak sedikit masyarakat yang berasumsi bahwa gadget adalah segalanya. Dengan fokusnya para remaja kepada gadget maka semakin berubah pula gaya hidup, cara berpakaian, cara berbicara dan bahkan berubah juga cara mereka berkomunikasi maupun bersilahturahmi dengan orang lain.

“Cara pandang yang ada pada anak remaja masa kini ialah gadget sudah menjadi segalanya karena apa?, karena pendapat mereka gadget adalah teman, contoh kecil yang ada di masyarakat sekitar adalah ketika ada ujian  maupun  tugas yang di berikan guru/dosen kepada murid/siswa maka  tidak sedikit dari mereka memanfaatkan  gadget”, paparnya.

Sehingga, lanjut Zahrotul, mereka tidak bisa menggunakan kepercayaan dirinya, mereka tidak mengembangkan otak dan cara fikir mereka agar lebih berkembang.

“Sehingga  pantas  jika Gadget mempunyai  jargon  ‘mendekatkan yang  jauh  dan  menjauhkan  yang dekat’ bahkan jargon  tersebut  bisa dikatakan  manusia  era  sek individualisme  yang  tinggi”, jelasnya.

Ia menambahkan, Saat ini orang mempunyai lebih bersifat  invidualisme hal ini dikarenakan  mereka  lebih mementingkan dirinya  sendiri dan tidak bisa menilai apa  yang ada disekitarnya. “Hal tersebut disebabkan oleh fokusnya  individu kepada  gadget”,pungkasnya. (Dody)

alterntif text

LEAVE A REPLY