oleh

Mahathir Mohamad Menangkan Pemilu Malaysia

Kuala Lumpur, Akuratnews.com – Mantan Perdana Menteri Malaysia sekaligus Ketua Umum Pakatan Harapan Mahathir Mohamad berhasil memenangkan pemilu negara jiran tersebut menggulingkan pemerintahan berkuasa PM Najib Razak, Kamis (10/05/18).

Kemenangan aliansi oposisi pimpinan Mahathir ini mengejutkan para pakar politik negara jiran tersebut. Aliansi oposisi Mahathir mengakhiri kekuasaan lama koalisi Barisan Nasional, yang berkuasa di Malaysia sejak 60 tahun kelahirannya.

Hasil pemilu yang dinilai sangat dramatis berpihak kepada Mahathir ini membangkitkan mesin politik yang sebelumnya memerintah negara itu dengan tangan besi selama 22 tahun itu mengakhirinya pemerintahan Najib, yang sarat skandal korupsi besar-besaran.

Mahathir kembali akan memimpin negara perserikatan Inggris itu dan menjadi perdana menteri tertua di dunia.

Sekelompok pendukung yang melambaikan bendera berkumpul di sebuah lapangan di luar markas besar partai Mahathir di dekat Kuala Lumpur.

Suva Selvan, seorang dokter berusia 48 tahun, mengatakan dia merasa negara itu baru saja memenangkan kemerdekaannya.

“Saya merasa bahwa dengan perubahan ini kita mungkin dapat melihat sesuatu yang lebih baik di masa depan … harapan kita untuk masa depan adalah pemerintahan yang lebih baik, adil, bebas dan bersatu,” katanya kepada AFP.

Kekalahan Najib ini menjadi pintu awal yang akan menyeret dia ke pengadilan atas sejumlah tuduhan kasus korupsi miliaran dolar dijarah dari dan 1MDB.

Namun saat konferensi pers setelah kemenangannya, Mahathir bersumpah: “Kami tidak membalas dendam. Kami ingin memulihkan supremasi hukum.” (Red)

Komentar

News Feed