oleh

Ma’ruf Amin Himbau Khatib Tidak Berkhutbah Politik saat ‘Ied

Jakarta, Akuratnews.com – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ma’ruf Amin, meminta para khatib shalat ‘Iedul Fitri tidak melakukan politik praktis melalui muatan khutbahnya.

Hal itu disampaikan Ma’ruf saat mendampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam jumpa Pers Kementerian Agama RI tentang penetapan 1 Syawal 1439 H di gedung Kemenag, Jakarta, Kamis (14/02/2018).

“Jangan sampai khutbah itu diisi dengan penyampaian politik praktis,” kata Ma’ruf yang mengenakan pakaian serba putih itu.

Ma’ruf khawatir, penyampaian politik praktis pada khutbah ‘Iedul Fitri Jumat (15/02/2018) esok pagi, bisa menimbulkan kegaduhan yang mengganggu harmonisasi di tengah masyarakat.

“Karena jamaah kita (muslim-red) ini, warna politiknya berbeda-beda,” kata Ma’ruf.

Menurut Ma’ruf, merupakan suatu nikmat dan kesyukuran tersendiri, karena Ormas-ormas besar Islam di tanah air akan berlebaran di hari yang sama esok, Jumat (15/02/2018). Lebaran yang berlangsung serentak di antara kelompok-kelompok besar Islam ini menjadi modal persatuan umat jika tetap diisi dengan khutbah damai. (MDz).

Komentar

News Feed