Beranda Hukum Menkumham Berharap Revisi UU Terorisme Cepat Selesai

Menkumham Berharap Revisi UU Terorisme Cepat Selesai

1 views
0
BERBAGI
alterntif text

Jakarta, Akuratnews.com – Pemerintah mengharapkan revisi UU nomor 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme bisa segera selesai.

Harapan itu disampaikan Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly terutama pasca Pansus Terorisme menyerahkan Daftar Inventarisir Masalah kepada Kemenkumham pada Rabu (14/12/16).

“Kami harapkan setelah masa sidang yang akan datang mengebut ini untuk apa yang kita lihat peristiwa terakhir ini di mana masih ada upaya dari kelompok tertentu untuk melakukan perbuatan terorisme,” kata Yasona di Gedung Nusantara II, Jakarta, Rabu (14/12/16).

Dia mengatakan pemerintah menyambut baik dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada fraksi-fraksi yang telah memberikan DIM.

Yasonna mengakui Pansus telah bekerja berbulan-bulan untuk menyempurnakan perubahan UU ini dan mengaku siap menindaklanjuti untuk kemudian dibahas lagi secara intensif.

“Kami siap untuk membahasnya untuk bersama-sama dengan DPR. Agar RUU ini dapat menjadi UU yang baik dalam memberantas terorisme,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan agar RUU ini tidak lupa memperhatikan para korban sehingga harus diatur dalam revisi UU tersebut seperti bagaimana koordinasi antarpemangku kepentingan.

Yasona menjelaskan pemerintah sejak awal menginginkan adanya pembahasan terkait memperkuat Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

“Kami sejak awal memerlukan pembahasan memperkuat BNPT memang sekarang fungsi koordinasi ada di BNPT, bahwa perlu dikuatkan bagaimana peran masing-masing lembaga di bawah koordinasi BNPT,” ujarnya.

Ketua Pansus Terorisme M. Syafi’i mengatakan 10 fraksi telah menyerahkan DIM kepada pemerintah terkait revisi UU Terorisme.

Menurut dia, Rapat Pansus pada Rabu (14/12/16) juga mengesahkan jadwal acara rapat Pansus untuk menyelesaikan revisi UU Terorisme. (Naila)

alterntif text

LEAVE A REPLY