Beranda Hukum Miryam S Haryani Dijatuhi Vonis 5 Tahun Penjara

Miryam S Haryani Dijatuhi Vonis 5 Tahun Penjara

38 views
0
BERBAGI
alterntif text

Jakarta, Akuratnews.com – Politikus Partai Hanura, Miryam S Haryani divonis 5 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Senin, (13/11/17).

Vonis ini terkait keterangan palsu dalam kasus korupsi e-KTP dengan terdakwa Irman dan Sugiharto.

“Mengadili, satu menyatakan terdakwa Miryam S Haryani telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana dengan sengaja memberikan keterangan tidak benar dalam kasus tindak pidana korupsi,” tutur Hakim Franky Tambuwun saat membacakan amar putusan.

Selain pidana badan, Miryam juga diharuskan membayar denda Rp 200 juta. Dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama tiga bulan.

Dalam menjatuhkan putusan, ada sejumlah hal yang dipertimbangkan. Hal memberatkan adalah karena perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah yang sedang gencar-gencarnya memberantas korupsi , terdakwa tidak mengakui perbuatannya.

“Sedangkan yang meringankan, terdakwa berlaku sopan dan terdakwa belum pernah dihukum,” kata Franky.

Miryam terbukti melanggar Pasal 22 jo Pasal 35 ayat 1 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 64 ayat 1 KUHP.

Untuk diketahui, putusan ini jauh lebih ringan dari tuntutan jaksa 8 tahun penjara dengan denda Rp 300 juta subsider 6 bulan kurungan. (Wawan)

alterntif text

LEAVE A REPLY