Beranda Wisata Objek Wisata Bukit Siguntang Palembang Dibenahi

Objek Wisata Bukit Siguntang Palembang Dibenahi

105
0
BERBAGI
alterntif text

Palembang, Akuratnews.com – Bukit Siguntang salah satu objek wisata sejarah di Kota Palembang, saat ini tengah dibenahi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan untuk menyambut kunjungan tamu pada saat Asian Games 2018.

“Bukit Siguntang sebagai tempat penting zaman Kerajaan Sriwijaya dan kini terdapat beberapa makam leluhur warga Palembang merupakan objek wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan asing atau peserta pesta olahraga negara kawasan Asia itu,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan Irene Camelyn, di Palembang pada Senin (26/12/16).

Dia menjelaskan, bahwa Bukit Siguntang adalah sebuah bukit kecil yang tingginya sekitar 30 meter dari permukaan laut yang terletak sekitar tiga kilometer dari tepian utara Sungai Musi secara bertahap ditata agar lebih menarik dan nyaman untuk dikunjungi wisatawan.

Di atas puncak Bukit Siguntang terdapat tujuh makam yang dikaitkan dengan tokoh-tokoh raja, bangsawan dan pahlawan Melayu-Sriwijaya yakni makam Raja Sigentar Alam, Putri Kembang Dadar, Putri Rambut Selako, Pangeran Raja Batu Api, Panglima Bagus Kuning, Panglima Bagus Karang dan Panglima Tuan Djundjungan yang diyakini bisa menarik banyak pengunjung.

Selain dapat melakukan wisata ziarah, menikmati beberapa peninggalan sejarah, pengunjung Bukit Siguntang juga dapat melihat keindahan Kota Palembang dari atas puncak bukit, katanya.

Menurut dia, objek wisata di Kota Palembang dan sejumlah daerah Sumatera Selatan secara bertahap akan terus dilakukan pembenahan sehingga dapat memberikan kesan positif kepada peserta Asian Games dan tamu undangan serta berdampak positif meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke provinsi ini.

“Saat berlangsungnya pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu, akan banyak datang atlet dan tamu undangan ke daerah ini yang kemungkinan besar akan mengunjungi berbagai objek wisata, menghadapi kondisi itu perlu dilakukan persiapan dan pembenahan,” ujarnya.

Provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu memiliki aneka ragam objek wisata, mulai dari wisata budaya, sejarah, hingga wisata alam.

Selain Bukit Siguntang, beberapa objek wisata yang dibenahi untuk dipersiapkan menyambut tamu Asian Games seperti Benteng Kuto Besak (BKB) yang berada di samping ikon Kota Palembang jembatan Ampera, ujarnya pula. (MS)

alterntif text

LEAVE A REPLY