oleh

Pangeran Harry Resmi Nikahi Meghan Markle

Inggris, Akuratnews.com – Pangeran Inggris Harry akhirnya resmi menikahi mantan aktris asal Amerika Serikat (AS), Meghan Markle pada Sabtu (19/05/18) dalam upacara yang dipenuhi kemewahan di Windsor Castle. Pernikahan keluarga kerajaan Inggris itu juga disaksikan secara global.

Sekitar 100.000 orang diperkirakan berada di Windsor, sebelah barat Kota London, untuk momen bersejarah sekaligus pesta rakyat dan pesta teh sore yang diadakan di sekitar kerajaan.

Pemberkatan dimulai pada siang hari, pukul 11.00 GMT di St George’s Chapel bersama Nenek Harry, Ratu Elizabeth II. Hadir sejumlah selebritas seperti David Beckham dan George Clooney beserta sang istri. Termasuk pula mantan rekan-rekan Markle dari serial drama televisi AS yang terkenal Suits.

Upacara di gereja berlangsung tradisional tapi disisipi budaya AS seperti paduan suara gospel menyanyikan ‘Stand By Me’ dan seorang pendeta AS yang bersemangat menyampaikan ceramah.

Uskup Agung Canterbury Justin Welby yang akan menikahi pasangan itu, mengatakan mereka sangat bijaksana dan mawas diri.

“Ada kasih sayang mendalam di antara mereka yang luar biasa dan pemahaman yang mendalam dan saling mendukung. Kamu melihat (itu) dalam cara mereka menanggapi satu sama lain, saling memperhatikan satu sama lain,” kata dia.

Markle awalnya akan berjalan menyusuri lorong itu sendirian karena ketidakhadiran ayahnya yang sakit. Namun calon ayah mertuanya, Pangeran Charles, akan menemaninya.

Setelah pemberkatan, Harry dan Markle yang masing-masing berusia 33 tahun, 36 tahun, akan naik kereta kencana melalui Windsor dengan gerbong terbuka.

Namun yang paling menonjol dari pernikahan itu adalah keamanan ketat di Windsor menjelang acara. Polisi memeriksa lampu jalan, tempat sampah dan lubang parit, dan menggunakan anjing pelacak untuk berburu bahan peledak.

Sejak kemarin, kota itu telah dibanjiri turis dan beberapa penduduk setempat pun telah menyatakan frustrasi. Di sisi lain pemilik toko telah menjual pada berbagai mug, bendera, dan topeng Harry dan Meghan untuk dijual.

Peristiwa itu merupakan jeda yang disambut baik oleh negara yang masih terbebani oleh penghematan sebagai konsekuensi kebijakan Brexit. Graham Smith, Kepala Eksekutif Anti-monarki kelompok Republik, mengatakan pernikahan adalah tontonan showbiz atau selebritas.

“Ini tidak jauh berbeda dengan daya tarik internasional dengan Kardashian,” katanya.

Penulis biografi Markle Andrew Morton mengatakan Harry dan Markle akan menjadi ‘pasangan royal’ meski harus menyerahkan karir aktingnya. (Sir)

Komentar

News Feed