Beranda Militer Pangkostrad Pimpin Peringatan Hari Juang Kartika, Meriahkan Tanah Karo

Pangkostrad Pimpin Peringatan Hari Juang Kartika, Meriahkan Tanah Karo

65
0
BERBAGI
alterntif text
Sumut, Akuratnews.com – Ribuan prajurit Kodam I/BB melaksanakan upacara Hari Juang Kartika 2016 di Stadion Samura Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada hari Kamis 15 Desember 2016. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Panglima Kostrad Letjen TNI Edi Rahmayadi.
Mengawali amanatnya dengan mengajak segenap ribuan warga yang hadir memberikan salam ”  Menjua-jua berulang kali untuk masyarakat karo, Saya bersama dengan semua prajurit Kodam-I/BB dan Kostrad serta Polri hadir ditempat ini memenuhi panggilan rakyat sekalian, ujarnya.
Dalam amanat Kepala Staf TNI Angkatan Darat yang dibacakan Inspektur Upacara Letjen TNI Edi Rahmayadi, menyampaikan bahwa Hari Juang Kartika yang di peringati hari ini, juga terkait erat dengan salah satu peristiwa bersejarah tentang kebersamaan nyata TNI AD dengan rakyat. Pada tanggal 15 Desember 1945, di kota Ambarawa, Jawa Tengah, para pejuang pendahulu TNI AD bahu membahu bersama rakyat mempertahankan setiap jengkal tanah dari ancaman musuh yang ingin menjajah kembali bumi pertiwi.
Perjuangan yang kemudian dikenal dengan Palagan Ambarawa inilah, yang kemudian ditetapkan sebagai tonggak Hari Juang Kartika. Palagan Ambarawa telah menjadi tonggak sejarah perjuangan TNI AD dalam melindungi keselamatan bangsa, menegakkan kedaulatan negara, serta mejaga keutuhan NKRI. Dari peristiwa heroik ini, kita mendapatkan teladan nyata dari para pahlawan bangsa tentang bagaimana menjalankan setiap panggilan tugas negara. Semangat juang seperti inilah yang selayaknya terus digelorakan dalam jiwa dan ditanamkan dalam hati sanubari setiap prajurit TNI AD.
Beberapa rangkaian kegiatan diselenggarakan dalam rangka memperingati HJK dimulai ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kabanjahe Tanah Karo, pengobatan gratis, sunatan massal, periksa mata, donor darah dan pasar murah, penanaman pohon penghijauan serta pemberian bantuan sembako gratis hasil kerjasama Kostrad dan Kodam I/BB. Juga digelar pameran alutsista sampai tanggal  17 Desember 2016.
Upacara puncak HJK yang melibatkan 1.175 prajurit TNI AD ini dipimpin  Komandan Upacara Kol Inf I Wayan Suarjana Danrindam I/BB di hiasi dengan pertunjukkan Terjun payung freefall oleh 13 penerjun gabungan, Tarian kolosal gabungan oleh 500 peserta, Drumband dan rampak gendang prajurit serta hiburan oleh trio ambisi dan teamlo juga memeriahkan acara. Turut hadir Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewijk Pusung, Bupati Kab. Karo, Wakapolda Sumut serta para pimpinan TNI/Polri dan Unsur FKPD.
“Kami sangat senang dan merasa terhibur dengan adanya pertunjukkan yang disajikan dalam rangka Hari Juang Kartika ini. Terimakasih bapak-bapak TNI”, ujar salah satu warga yang hadir. (Penkostrad)
alterntif text

LEAVE A REPLY