oleh

Pastikan Mudik Lebaran Aman, Basarnas Siagakan Armada Darat, Laut dan Udara

Jakarta, Akuratnews.com – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/Basarnas) Masdya TNI M. Syaugi mengatakan, Basarnas akan all out dalam mendukung arus mudik dan arus balik lebaran 2018.

“Kita all out dalam mendukung apa yang diperlukan Kemenhub dari Basarnas dan instansi lainnya,” kata Kabasarnas Masdya TNI M. Syaugi selepas apel kesiapan Basarnas dalam mendukung arus mudik dan arus balik lebaran 2018 di Markas Basarnas, Jakarta Pusat, Jumat (8/6).

Sehingga, kata Syaugi, kita menyiapkan seluruh armada kita baik darat, laut maupun udara. “Kita siapkan seluruhnya untuk menjamin khususnya tugas-tugas SAR, sehingga masyarakat dapat melaksanakan mudik dengan aman, selamat dan nyaman sampai tujuan,” paparnya.

Daerah-daerah yang menjadi prioritas Basarnas ada di posko Cipali 102, Kemudian di Ngalian ujung Tol dekat Semarang dan di Merak.

“Kita siapkan siaga khusus, kita memiliki kantor SAR ada 38 Kantor SAR di seluruh Indonesia, kita memiliki 77 Pos SAR di seluruh Indonesia dan 35 unit siaga, jadi cukup banyak kita walau pun belum semua bisa memadai untuk di taruh di tempat-tempat tersebut,” ujarnya.

Total personel kita ada 3500, 500 ada di kantor pusat sedangkan 3000 tersebar di seluruh Indonesia.

Selain personel, Basarnas juga menyiagakan transportasi SAR laut dan udara. “Kita menyiapkan Kapal Laut sebanyak 114 unit dari yang terkecil sampai yang terbesar, jadi kita siaga 24 jam di seluruh wilayah laut kita. Kemudian kita menyiapkan 6 Helikopter yang dibekali spesialis medis udara,” tutur Syaugi.

“Ini semua kita kerjakan demi keselamatan dan kenyamanan bangsa kita dalam melaksanakan arus mudik lebaran tahun ini”.

Syaugi menghimbau kepada pemudik agar mempersiapkan segala sesuatu baik mental, fisik, termasuk kendaraan yang akan digunakan dalam keadaan laik jalan.

“Jika terjadi sesuatu diperjalanan baik di darat, laut, maupun udara yang membutuhkan tugas-tugas Basarnas jangan segan-segan segera memberitahu Basarnas via telpon 115, gratis. Atau menuju kantor SAR terdekat, kami sigap, kami siap untuk anda semua,” pungkasnya. (Yan)

Komentar

News Feed