oleh

Pemadaman Listrik Masih Berlangsung Di bulan Ramadhan

Medan, Akuratnews.com – Kota Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang gelap saat menjelang umat Islam berbuka puasa. Hal ini terjadi karena aliran listrik dari PLN padam berkisar sejak pukul 18.20 hingga 19.45 Wib, Minggu (3/6/2018).

Aktifitas umat Islam yang akan melaksanakan ibadah berbuka puasa dan shalat maghrib terganggu dengan kondisi tersebut.

Beberapa kalangan masyarakat merasa kecewa dengan masih adanya pemadaman arus PLN mengingat beberapa waktu lalu pihak PLN menyatakan akan meminimalkan pemadaman listrik selama bulan Ramadhan.

Seperti yang diungkapkan Manajer PLN Area Pengatur Distribusi Sumut, Aulia Mahdi beberapa waktu lalu di Medan menyebutkan bahwa selama 61 hari sejak 1 Mei 2018 hingga 30 Juni 2018 PLN Wilayah Sumatera Utara menyiapkan cadangan hingga 209 MW setiap hari.

Dikatakannya, kemungkinan adanya pemadaman sangat kecil kecuali ada gangguan yang sangat fatal atau perbaikan yang tingkat urgensinya tinggi.

“Itu pun akan kita minimalisir pemadaman hanya maksimal 3 jam saja dan akan kita lakukan di luar jam seperti buka puasa, waktu salat, tarawih, sahur, enggak akan akan di jam itu. Di luar itu, akan kita usahakan agar tidak ada pemadaman,” tutur Aulia.

Disebutkan bahwa pemadaman yang dilakukan PLN hanya ada 2 jenis yakni terencana, seperti pemadaman yang dilakukan karena adanya pemeliharaan atau perbaikan, kemudian tidak terencana karena ada gangguan seperti sambaran petir dan sebagainya.

Hingga saat ini PLN Wilayah Sumut sudah dapat melakukan Pekerjaan Dalam Kondisi Bertegangan (PDKB) yang memungkinkan pemeliharaan dapat dilakukan tanpa adanya pemadaman.

Warga berharap PLN tidak melakukan pemadaman berkelanjutan selama bulan Ramadhan demi kenyamanan warga melaksanakan ibadah keagamaannya dan memenuhi janji untuk mengupayakan tidak terjadinya pemadaman. (Hsp)

Komentar

News Feed