Beranda Daerah Pemerintah Kabupaten Bogor Tutup Mata Terkait Irigasi Jebol

Pemerintah Kabupaten Bogor Tutup Mata Terkait Irigasi Jebol

4 views
0
BERBAGI
alterntif text

Bogor, akuratnews.com – Pasca jebolnya irigasi di Desa Cipeucang, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor yang tak kunjung dibangun, membuat petani di Desa Jatisari, Kecamatan Cileungsi meradang.

Mereka hanya dapat mengeluh lantaran sawahnya yang tak teraliri air.

Akibat buruknya saluran irigasi membuat 130 hektar lahan krisis air dan petani terancam gagal tanam.

Menanggapi hal tersebut, Sekretasi Kecamatan (Sekcam) Cileungsi Adi Henryana mengaku, sampai saat ini belum ada tembusan ke pihak kecamatan soal pembangunan irigasi tersebut.

“Kalau usulan perbaikan irigasi itu sudah masuk dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang), tinggal menunggu dari Pemkab Bogor saja,” ujarnya kepada akuratnews.com, Selasa (12/9).

Dirinya pun belum mengetahui apakah program untuk perbaikan irigasi tersebut sudah dilelangkan oleh Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (ULP) Kabupaten Bogor.

“Biasanya kalau sudah dilelangkan, perusahaan pemenang lelang akan melapor ke kami jika pengerjaannya akan segera dimulai,” jelasnya.

Menurutnya, pihak kecamatan tak bisa berbuat banyak karena ini merupakan kewenangan dari Pemkab Bogor.

“Pihak Kecamatan Cileungsi sudah memasukan program perbaikan ini kedalam musrenbang, sesuai dengan prosedur yang berlaku,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Gandoang Pemuda Bersatu (GPS) Kurniawansyah mengungkapkan, sudah terlalu lama Pemkab Bogor membiarkan irigasi tersebut terbengkalai. Padahal, aliran air dari irigasi itu sangat penting untuk mengairi sawah seluas 130 hektar.

“Ini masalah yang serius, harusnya Pemkab Bogor jangan hanya berdiam diri saja, usulan pun sudah diusulkan oleh masyrakat melalui musrenbang,” ungkapnya.

Menurutnya, Bupati Bogor jangan hanya hadir dalan acara panen raya saja, tetapi seolah tak mau tahu penderitaan para petani. Saat ada irigasi yang jebol saja, begitu lamban menanganinya.

“Bupati ini seperti melakukan pencitraan tanpa logika kalau panen raya datang, giliran ada irigasi yang jebol begitu lamban untuk menanganinya,” tandasnya. (Tro)

alterntif text

LEAVE A REPLY