Beranda Daerah Pemerintah Kaji Pembuatan Waduk Cibolang Citeureup

Pemerintah Kaji Pembuatan Waduk Cibolang Citeureup

307
0
BERBAGI
alterntif text

Citeureup, Akuratnews.com – Bendungan atau waduk merupakan danau buatan yang dibentuk dari aliran sungai yang dibendung sehingga menampung air dalam jumlah besar. Bendungan dibangun karena dapat memberikan banyak manfaat bagi pengelolaan air, khususnya di sekitar daerah aliran sungai.

Beberapa manfaat waduk atau bendungan diantaranya,
Menyimpan Cadangan Air, Mencegah Banjir, Menyediakan Irigasi, Menjadi Tempat Wisata, Menyediakan Energi untuk Pembangkit Listrik,Menyediakan Tempat Budidaya Perikanan, Menjadi Tempat Konservasi Tumbuhan dan Hewan Menyediakan Arena Olahraga Air, Menyediakan Sumber Daya Hayati yang Dapat Dimanfaatkan.

Kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat DIREKTORAT JENDERAL SUMBER DAYA AIR BALAI BESAR WILAYAH SUNGAI CILIWUNG CISADANE telah mengkaji pembuatan waduk diDas Bekasi, DAS kali bekasi memiliki beberapa sub DAs,DAS kali cikeas,sub Das cilengsi,sub Das kali citerep,dan sub Das cijanggel.

Untuk mengurangi dampak banjir dihilir pemerintah melalui balai besar wilayah sungai ciliwung-cisadane telah mengkaji rencana pembangunan waduk cibolang desa tajur citeureup.

Hasil kajian dari balai besar telah disampaikan kepada aparat pemerintahan setempat yang wilayahnya akan terkena dampak genangan diantaranya kecamatan citeureup.sukamakmur,dan kelapa nunggal.

Camat citeurup Asep Mulyana membenarkan bahwa ia telah mengetahui akan dibangun waduk cibolang desa tajur.

“Ya benar saya baru saja rapat membahas rencana pemerintah akan membangun waduk cibolang,kita dukung kalau memang itu buat yang terbaik,tugas kami ya sekarang mensosialisasikan kepada masyarakat,mudahan semuanya berjalan lancar,kalau untuk pembangunan saya belum tahu kapan waktunya,” ujar asep Senin (26/12/16).

Sementara itu Camat Sukakmakmur Zaenal Ashari, mengatakan mendukung program dari pemerintah dan akan mensosialisasikan  kepada masyarakat.

“ya kami dukung program pemerintah, sekarang tugas kami mensosialisasikan kepada masyarakat,semoga semua berjalan lancar” pungkasnya. (Toro)

alterntif text

LEAVE A REPLY