Beranda Daerah Pendapatan Asli Daerah Sulsel Tak Capai Target

Pendapatan Asli Daerah Sulsel Tak Capai Target

97
0
BERBAGI
alterntif text

Sulsel, Akuratnews.com – Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) Provinsi Sulawesi Selatan,meriliskan capaian realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sulsel melalui sektor pajak dan retribusi di triwulan pertama tidak memenuhi target.

PAD Sulsel triwulan pertama hanya sebesar Rp663.850.932.911 atau 17,83 persen dari total target tahun 2017 yang besarnya mencapai Rp3.723.772.260.415. Padahal, untuk triwulan pertama total pemasukan daerah ditarget sebesar 20 persen.

Jumlah tersebut juga lebih kecil 0,86 persen dari tahun sebelumnya di periode yang sama. Pada triwulan pertama tahun 2016, persentase nya mencapai 18,69 persen.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) memaklumi hal tersebut. Ia mengatakan, pemasukan daerah sangat tergantung dari pendapatan masyarakat. Ketika pendapatan masyarakat baik maka PAD pasti akan mencapai target.

“Jujur saya belum cek itu, tapi pendapatan daerah itukan tentu saja sangat terkait dengan seperti apa pendapatan masyarakat yang berkembang dan menggunakan fasilitas daerah. Contohnya, PAD kita kan besarnya itu dari pajak kendaraan atau pembelian kendaraan. Mungkin saja pada triwulan satu ini memang mereka kemarin sudah banyak yang beli mobil, makanya sekarang ini agak sedikit berkurang,” ujar Syahrul, Sabtu (6/5/2017).

Meskipun PAD Sulsel tidak capai target, Syahrul mengaku tetap optimis, target realisasi pemasukan daerah di triwulan berikutnya bisa mengejar ketertinggalan.

“Saya yakin bulan berikutnya semuanya akan kembali normal dan akan mencapai target. Ketertinggalan yang kita alami saat ini akan kita tutupi di bulan berikutnya, kita tetap akan mengejarnya, kita akui target yang ditetapkan oleh DPR itu cukup besar,” jelasnya. (Irman)

alterntif text

LEAVE A REPLY