oleh

Pengadilan Negeri Surabaya Luncurkan Layanan Aplikasi E-Court

Surabaya, Akuratnews.com – Pengadilan Negeri (PN) Surabaya meluncurkan layanan aplikasi berbasis Electronic Court (E-court) yaitu satu system pelayanan baru dalam manajemen pengadilan di Indonesia, guna meningkatkan layanan publik.

Melalui layanan baru ini, masyarakat akan dimudahkan dari segi pembayaran sampai registrasi, bahkan untuk mendapatkan nomer perkara, masyarakat hanya membutuhkan waktu 1 menit saja, cukup dilihat dari aplikasi berbasis digital ini.

“Baik dirumah, atau dimana saja, dan kapan saja, dalam waktu yang singkat anda sudah terlayani dan mendapatkan nomer perkara. Tidak usah lagi datang ke Pengadilan, tapi di tempat mana saja (bisa), para pihak yang berperkara bisa mendaftarkan perkara secara online,” Kata Hatta Ali, Ketua Mahkamah Agung RI, melalui telekonpersnya hari Jumat (13/7/2018).

Hatta Ali mengklaim, sistem pelayanan berbasis elektronik tersebut akan menciptakan sistem peradilan yang transparan, akuntabel dan berbiaya ringan.

”Sebagaimana pengadilan di negara-negara lain yang telah maju. Jika terwujud, proses administrasi perkara dan pelayanan pengadilan akan menjadi lebih sederhana, cepat, biaya ringan, transparan dan akuntabel.” Kata Hatta Ali.

E-court menjadi bagian dari proses modernisasi manajemen perkara disetiap tingkat Pengadilan Negeri di indonesia. Salah satunya PN Surabaya, yang baru saja menguji coba layanan e-court berbasis digital.

Pelayanan yang berbasis Aplikasi ini diharapkan mampu membantu masyarakat khususnya masyarakat Kota Surabaya dalam mempermudah pencarian informasi pada setiap perkara.

Untuk memastikan apakah benar-benar perlu dilakukan inovasi, pihak Mahkamah Agung dan PN Surabaya melakukan tahap awal yakni dengan mengidentifikasi permasalahan yang terjadi atau yang berpotensi adanya ketidak nyamanan dalam system pelayanan yang baru diluncurkan ini.

Untuk mensosialisasikan layanan baru ini kepada masyarakat, pihak pengadilan telah mempersiapkan beberapa cara diantaranya ialah berupa buku panduan dan juga brosur yang dibagi bagikan secara gratis.

“Buku panduan, maupun brosur Ini merupakan sosialisasi dari pihak Pengadilan Negeri (PN) Surabaya untuk memudahkan masyarakat memahami layanan kami yang baru,” terang Sujatmiko. (Rif)

Komentar

News Feed