Beranda Nasional Perjuangan Buni Yani Demi Memperoleh Keadilan

Perjuangan Buni Yani Demi Memperoleh Keadilan

95
0
BERBAGI
Buni Yani
alterntif text

Jakarta, Akuratnews.com – Buni Yani, tersangka kasus dugaan penghasutan SARA dan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), kini terus berjuang demi memperoleh keadilan.

Salah satunya adalah dengan mengajukan upaya hukum praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Kemang, Jakarta Selatan, Senin (5/12/16).

Buni menilai, penetapan dia sebagai tersangka oleh aparat kepolisian adalah keliru, setelah ia mengunggah penggalan video yang ditranskip terkait pidato Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Karena menurut Buni, apa yang dilakukannya dilindungi oleh Undang-undang 1945 Pasal 28, tentang kebebasan berpendapat.

“Ini memang perjuangan untuk menegakan keadilan. Saya meng-upload video, sebetulnya itu sudah dijamin oleh Undang-undang Pasal 28 UUD ’45 untuk kebebasan berpendapat,” tegas Buni Yani.

“Saya tahu undang-undang itu, jadi semua orang di wilayah NKRI ini punya hak yang sama untuk mengatakan pendapatnya,” sambungnya.

Buni Yani ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polda Metro Jaya sejak 23 November 2016 lalu. Penetapan tersebut diputuskan karena berdasarkan hasil penyelidikan, Buni Yani diduga melanggar pasal yang disangkakan.

Penetapan tersangka bukan karena mengunggah video, melainkan tulisan atau caption yang ditambahkan Buni Yani pada rekaman video dan diunggah ke Facebook pada 6 Oktober 2016.

Buni Yani dilaporkan Komunitas Advokat Muda Ahok-Djarot (Kotak Adja) karena diduga melanggar Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE. (Ahyar)

alterntif text

LEAVE A REPLY