oleh

PKS-Gerindra Bicara 10 Kementerian Utama Koalisi Keumatan, Isinya…

Jakarta, Akuratnews.com – Wacana Koalisi Keumatan semakin menguat. Gerindra dan PKS bahkan telah mewacanakan 10 Kementerian Utama sebagai daya jual koalisi ini.

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera berharap, 10 Kementerian Utama Koalisi Keumatan tersebut bisa diumumkan berbarengan dengan pengumuman Capres-Cawapres.

“Dan kita malah mendorong agar saat diumumkan Capres/Cawapres diikuti dengan pengumuman 10 Kementerian Utama,” kata Mardani (03/06/2018).

Kala itu, Mardani juga menyinggung bahwa 9 nama yang diajukan PKS untuk menjadi Capres/Cawapres adalah kader-kader terbaik PKS.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Umum Gerindra, Ferry Juliantono. Ferry menuturkan, pembicaraan tentang kabinet dari koalisi partainya telah dimulai sejak lama. Kata Ferry, hal tersebut sebagai upaya oposisi untuk menyempurnakan kabinet petahana yang dinilainya mis-orientasi.

“Jadi, portofolio-portofolio yang dianggap penting itu disampaikan juga saat pendaklarasian Capres Cawapres. Itu kan masih diwacanakan lah. Idealnya sih bisa sekalian,” kata Ferry.

Bahkan kata Ferry, terbuka kemungkinan jika nama-nama yang diusulkan PKS kelak akan mengisi kursi 10 Kementerian Utama itu.

“Bisa jadi. Kan kalau koalisi antar partai tentu nama-nama itu kan nama-nama yang layak juga dipertimbangkan,” kata Ferry.

Meski begitu, Ferry menegaskan pengukuhan Capres/Cawapres tetap menjadi yang utama untuk didahulukan.

“Tetapi, secara teknis kan lebih diperlukan adalah mengenai Capres dan Cawapresnya. Nanti format mengenai portofolio-portofolio itu bisa disampaikan berbarengan,” pungkasnya. (Mdz)

Komentar

News Feed