Beranda Megapolitan Polri Kerahkan 41.805 Personil Brimob dalam Pilkada 2017

Polri Kerahkan 41.805 Personil Brimob dalam Pilkada 2017

87
0
BERBAGI
alterntif text

Jakarta, Akuratnews.com – Menghadapi Pilkada serentak pada 101 daerah di seluruh Indonesia, Polri menurunkan petugas keamanan sebanyak 41.805 personil Brimob, kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat rapat dengar pendapat (RPD) dengan Komisi III DPR, Senin (5/12/16) di Jakarta.

Menurut Tito Karnavian, pengamanan tersebut dilakukan terhadap surat suara baik lokasi percetakan, pendistribusian dan penyimpanan guna menjamin tidak adanya kebocoran. Pada hari H, kepolisian akan mengamankan sebanyak 99 ribu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 101 daerah tersebut.

Polri, kata  Tito, sudah melakukan klasifikasi tingkat kerawaran puluhan ribu TPS dalam kategori rawan satu, rawan dua dan aman. Jumlah TPS yang masuk kategori aman sebanyak 65 ribu lebih, kata Tito.

“Kemudian yang rawan satu ada 25 ribu lebih dan kita anggap rawan dua yang perlu atensi khusus di daerah itu sebanyak 7.490 TPS,” ujar Kapolri Tito Karnavian,merinci.

Penentuan klasifikasi rawan dan sangat rawan disebabkan adanya konflik di daerah tersebut. Selain itu persaingan antarpasangan calon cukup keras dan pendukungnya terbelah, tambahnya.

“Personil Brimob tersebut siap diturunkan bila terjadi kericuhan. Pengamanan ini juga akan di-backup oleh jajaran TNI.”

Dijelaskan, kerjasama Polri, Kejaksaan dengan KPU dan Bawaslu yang ditindaklanjuti sampai ke daerah sudah dilakukan, dengan membentuk sentra penegakkan hukum terpadu (Gakkumdu), papar Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (Ahyar)

alterntif text

LEAVE A REPLY