oleh

PPIH Diharapkan Berikan Pelayanan Berkualitas Bagi Jamaah Calon Haji

Medan, Akuratnews.com – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Medan Tahun 1439 H/2018 M yang baru dilantik diharapkan bisa memberikan pelayanan yang berkualitas bagi seluruh jamaah calon haji (Calhaj) Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Hal tersehut disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Drs. Eko Subowo MBA pada acara pelantikan PPIH Embarkasi/Debarkasi Medan tahun 1439 H/2018 M di Aula Al Munawarah Asrama Haji Medan, Rabu (11/07/18).

“Kepada saudara-saudara yang dilantik sebagai panitia penyelenggara ibadah haji, saya ucapkan selamat dan sukses. Semoga tugas dan tanggung jawab yang diemban bisa dilaksanakan dengan baik,” ucap Pj Gubsu Eko Subowo.

Eko menjelaskan, penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas nasional. Pemerintah berkewajiban memberikan bimbingan, pelayanan dan perlindungan dengan menyediakan layanan administrasi, bimbingan ibadah haji, akomodasi, transportasi, pelayanan kesehatan, keamanan dan pelayanan lainnya yang diperlukan oleh jamaah haji.

Kepada PPIH, Eko berpesan agar dapat membangun kesan positif. Hal ini karena pelayanan di embarkasi/debarkasi haji adalah kegiatan yang sangat penting, memberikan kesan pertama yang dalam kepada para jamaah haji tentang proses penyelenggaraan haji dan merupakan cermin dari kualitas pelayanan haji di tanah air.

“Karena itu, siapapun yang masuk dalam PPIH Embarkasi/Debarkasi Medan, semuanya harus siap mengemban tugas dan peran masing-masing. Kita ingin pelayanan haji pada tahun 1439 H/2018 M akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan pelayanan pelaksanaan ibadah haji yang baik, jamaah calon haji dari Provinsi Sumut akan memperoleh haji yang mabrur,” harapnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs H Tengku Darmansah MA menyampaikan, jumlah jamaah haji yang telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dan akan berangkat haji pada tahun ini sebanyak 8433 orang dan tergabung dalam 22 kloter.

“Untuk bimbingan manasik haji itu ada delapan kali pertemuan pada tingkat KUA kecamatan dan dua kali pada tingkat kabupaten/kota. Ini sudah kita laksanakan sejak awal Juni 2018. Pelatihan Petugas Haji kita integrasikan dengan pemeriksaan kesehatan pada tanggal 1-10 Mei,” jelasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Biro Sosial dan Kesejahteraan Drs H Muhammad Yusuf MM, Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Sumut Arsyad Lubis, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Medan Sutrisno, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Drs H Ahda Barori MM, Ketua MUI Sumut Dr H Abdullah Syah MA, Unsur Forkopimda Sumut, dan Kepala Kantor Kemenag kabupaten/kota se-Sumut. (HSP)

Komentar

News Feed