Beranda Ekonomi PT Aneka Tambang Tbk (Persero) Telah Serahkan Seluruh Saham Seri B Sebesar...

PT Aneka Tambang Tbk (Persero) Telah Serahkan Seluruh Saham Seri B Sebesar 15.619.999.999

18 views
0
BERBAGI
alterntif text

Jakarta, Akuratnews.com – PT Aneka Tambang Tbk (Persero) telah menyerahkan seluruh saham seri B sebesar 15.619.999.999 saham milik Negara Republik Indonesia yang sebelumnya mereka miliki kepada PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) sebagai tambahan penyertaan modal negara di perusahaan tersebut.

Hal tersebut tertuang dalam surat keterbukaan di Bursa Efek Indonesia. Akibat dari transaksi tersebut, saham seri B perseroan akan dimiliki sebesar 65% oleh Inalum dan oleh publik sebesar 35%. Sedangkan saham seri A Perseroan tetap dimiliki oleh Negara Republik Indonesia.

Pelaksana harian (Plh) Direktur Utama PT Antam Tbk Hari Widjajanto mengatakan dampak dari pengalihan tersebut mengakibatkan berubahnya status perseroan dari Persero menjadi Non-Persero.

“Saham seri A milik Negara Republik Indonesia tidak akan dialihkan. Dengan demikian, pemerintah RI akan tetap memiliki hak-hak khusus yang tidak diberikan kepada pemegang saham seri B, sebagaimana ditentukan dalam anggaran dasar perseroan,” ujar Hari melalui keterbukaan informasi, Rabu (15/11/17).

Meski terjadi pengalihan saham seri B kepada Inalum, namun sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 72/2016 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 44/2005 tentang Tata Cara Penyertaan dan Penatausahaan Modal Negara pada BUMN dan Perseroan Terbatas, perseoan akan tetap diberlakukan sama dengan BUMN lain.

“Perseroan tetap dapat melaksanakan penugasan pemerintah atau pelayanan umum dan terhadap perseroan tetap berlaku kebijakan khusus negara dan/atau pemerintah termasuk dalam pengelolaan sumber daya alam dengan perlakuan tertentu sebagaimana diberlakukan bagi BUMN,” tutup Hari. (Amy)

alterntif text

LEAVE A REPLY