oleh

Raidir Sigalingging Unggulan Anggota DPD Sumut

Medan, Akuratnews.com – Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sumatera Utara sudah memasuki masa verifikasi dan penelitian berkas oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut. Berdasarkan catatan ada 18 orang bakal calon anggota DPD Provinsi Sumatera Utara yang telah lolos.

Ke 18 orang balon anggota DPD RI Provinsi Sumatera Utara antara lain Raidir Sigalingging, M.Nuh, Ali Yakub Matondang, Tolopan Silitonga, Dedi Iskandar Batubara (incumbent), Faisal Amri, Parlindungan Purba (incumbent), Pdt EWP Simarmata, Sultoni Trikusuma, Marnix Sahata Hutabarat, Solahudin Nasution, Darmayanti Lubis (incumbent), Abdul Hakim Siagian,M.Nursyam, Dadang Darmawan, Badikenita br Sitepu, Syamsul Hilal, dan Sutan Erwin Sihombing.

Jajak yang dilakukan oleh Strawpoll.com dengan judul Siapakah calon DPD Sumut Pilihan Anda Pada Pemilu 2019 yang dimulai sejak 29/7/2018 lalu hasil pengamatan ternyata mendapat respon cukup besar dari responden. Menariknya dalam beberapa hari ini polling strawpoll.com tersebut menunjukkan Raidir Sigalingging memperoleh voting terbanyak dari respondens.

Pada hari ini Minggu (5/8/2018) sebagaimana dikutip dari strawpoll.com Raidir Sigalingging memperoleh sebanyak 16,68% ( 738 voter) mengungguli calon lainnya bahkan dari calon incumbent. Posisi kedua Tolopan Silitonga sebanyak 16,22 % (708 voter) dan posisi ketiga Solahudin Nasution sebanyak 10,7% ( 467 voter)

Sementara calon incumbent dalam polling strawpoll.com tersebut masing masing jauh tertinggal dibawah calon baru yakni Parlindungan Purba 6,44% ( 281 voter), Darmayanti Lubis 1,31% (57 voter) dan Dedi Iskandar Batubara 7,65% (334 voter). Jumlah responden yang ikut dalam polling tersebut sebanyak 4365 responden.

Terkait hasil sementara polling tersebut, Raidir Sigalingging yang unggul mendapat beragam komentar dari pengamat.

Pengamat politik Sumatera Utara dari GPMJ Sumut Drs H S Wahyudi MM menanggapi, meski polling yang dibuat di strawpoll.com bukan polling resmi namun respon yang banyak dari responden terhadap calon anggota DPD RI Provinsi Sumut ini terutama kepada Raidir Sigalingging menunjukkan bahwa polling tersebut bisa dijadikan tolak ukur bagi masyarakat.

“Keunggulan sementara Raidir Sigalingging dalam polling strawpoll.com tersebut mengindikasikan bahwa responden (masyarakat) mulai sadar dan melek politik. Artinya masyarakat ingin perubahan dan perubahan ini melalui kandidat yang baru yang bisa mereka percaya mampu membawa perubahan bagi daerah” ujar Wahyudi.

Sementara itu Shohibul, pengamat politik dari UMSU menyebutkan selama ini DPD RI seperti tak punya taring dalam memperjuangkan kepentingan daerah ke pusat.

” Masyarakat tentu sudah melihat sepak terjang para senator dalam pembangunan daerah . Mereka seperti tak punya taring. Apalagi incumbent yang maju lagi, ada yang sudah beberapa periode menjadi anggota DPD RI mungkin perlu penyegaran dengan wajah baru ” ungkap Shohibul.

Seperti diketahui , Raidir Sigalingging adalah mantan Manager Divisi Hukum dan Humas PT PLN Wilayah Sumatera Utara dan jabatan terakhir sebelum purna karya Manager SDM/Umum dan Organisasi PLN Distribusi Bali, diketahui maju menjadi calon anggota DPD RI dan mendaftar pada 10 Juli 2018 lalu ke KPU Sumut “Karena panggilan jiwa untuk melanjutkan pengabdian bagi bangsa dan negara” ungkapnya waktu itu. (HSP)

Komentar

News Feed