oleh

RM Acun Hadiwijoyo: Saya Optimis Jokowi Akan Memimpin Selama Dua Periode

Pilpres 2019 hanya tinggal 16 bulan lagi. Presiden Joko Widodo dipastikan bakal mengikuti kembali pertarungan untuk menjadi RI- 1. Bagaimana peluang Jokowi menurut Ketua DPW Kombatan Daerah Istimewa Yogyakarta, Raden Mas (RM) Acun Hadiwijoyo?

Yogyakarta, Akuratnews.com – KRT Poerboningrat atau RM Acun Hadiwijoyo merupakan salah satu trah Kesultanan Yogyakarta. Posisinya sebagai loyalis banteng asli sangat penting sekali bagi masyarakat Yogyakarta. Mulai dari akar rumput hingga kalangan elite acap kali menantikan gebrakannya yang senantiasa menuai pro dan kontra. Termasuk ketika Ia mendukung Jokowi pada Pilpres mendatang. Keputusannya bersebrangan dengan semua kerabat Sultan, bahkan dengan putra kandungnya sendiri. Berikut wawancara eksklusif Alamsyah, Wartawan Akuratnews.com dengan Acun Hadiwijoyo di Ndalem Notoprajan, Kraton Kesultanan DIY baru-baru ini.

Sebagai Ketua DPW Kombatan DIY, bagaimana melakukan konsolidasi untuk semua relawan Kombatan di sini?

Bagi saya itu hal yang mudah. Karena dari grassroadnya PDIP ini tahu posisi saya dimana. Dalam konteks ini saya salah satu orang di DIY yang masih setia dan berada di PSIM (Pendukung Setia Ibu Mega). Jadi apapun kata Bu Mega ini menghendaki Jokowi jadi 2 periode, saya siap mendukung dengan kekuatan saya yang ada di DIY.

Kabupaten mana saja di DIY yang bisa Bapak rangkul?

Saya tidak jual harga murah dalam hal ini jadi intinya saya mampu dan optmis seluruh kabupaten kota bisa saya rengkuh. Di sini memang harus ada kerja berat untuk konsolidasi khususnya untuk teman-teman banteng yang selama ini tidur. Ini harus saya akomodir. Saya bangunkan lagi. Untuk jokowi saya optimis beliau akan memimpin dua periode.

Kombatan akan menjaring kelompok Nasionalis, tanggapan Bapak?

Itu betul sekali. Pada intinya saatnya kita reuni dan bangun dari tidur nyenyak kita. Sama-sama kita bangun sesuai dengan amanat penderitaan rakyat Indonesia yang selama ini tidur. Karena sesuatu hal yang berbau politis yang mungkin tidak sesuai dengan hati nurani mereka.  Tapi dengan saya turun ke jalan, ibaratnya, saya yakin mereka yang tidur akan bangun lagi dan siap berkumpul yang selama ini secara tidak langsung saya sudah kumpulkan mereka dengan nama banteng tangi turu (banteng baru bangun tidur).

Bagaimana kepemimpinan Presiden Jokowi?

Saya justru heran banyak orang yang menghujat dan mencaci maki kepemimpinan Jokowi. Sampai di medsos akun saya upload bahwa, tunjukan apa kesalahan Jokowi? Ternyata mereka tidak bisa menjawab. Saya melihat Jokowi itu tidak ada cacatnya. Program-program beliau kita rasakan sekali dan sekarang ada banyak kemajuan. Kalau ada yang tidak setuju sama Pak Jokowi tapi tidak nyata, ya kita lawan. Tunjukan apa kesalahan dan kekurangan beliau? Jangan hanya menghujat. Saya yakin Pak Jokowi pasti menang. Itu saya jamin dan kita harus optimis bahwa Pak Jokowi harus kita dukung. Insha Allah periode kedua, Jokowi akan lebih baik daripada periode pertama.

Sosok ideal wakil Jokowi nanti?

Saya kok lebih cocok kalau Jokowi didampingi oleh orang yang backgroundnya dari TNI. Mengapa harus dari TNI? Saya kira NKRI akan lebih baik karena ancaman-ancaman dari negara tetangga kalau tidak ditangani oleh orang yang basicnya dari militer, saya kira kurang pas. Nah saya lebih condong Jokowi didampingi oleh orang yang latar belakangnya dari TNI.

Kalau wakilnya dari militer apakah itu mengakomodir partai-partai pendukung Jokowi?

Saya kira sosok yang saya maksudkan ini sudah cukup baik ya hubungannya dengan partai-partai berbasis islam. Dia juga dekat dengan NU. Tapi itu semua kan masih wacana ya.

Harapan terhadap Kombatan?

Tadi saya bicara sama Pak Ketum bahwa kita perlu merapatkan barisan. Kita perlu ketemu masing-masing ketua daerah. Kita menyatukan sikap dengan satu tujuan yang sama. Jangan sampai keberadaan Kombatan jadi bumerang bagi Jokowi. Tadi saya bicara sama Ketum, jangan salah pilih orang di daerah. Track recordnya harus dilihat. Jangan sampai masalah ini juga dijadikan kendaraan untuk ke depan.Harapan saya untuk Kombatan benar-benar, lahir bathin, lilahi ta’ala untuk dukung Jokowi.

Komentar

News Feed