oleh

Saipul Jamil Dihukum Tiga Tahun Penjara

Jakarta, Akuratnews.com – Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta menghukum pedangdut Saipul Jamil alias bang Ipul 3 tahun penjara dalam perkara suap kepada panitera pengganti Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rohadi.

“Menjatuhkan pidana oleh kerena itu terhadap terdakwa Saipul Jamil dengan pidana penjara selama 3 tahun,” kata Baslin Sinaga, Ketua Majelis Hakim membacakan amar putusan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (31/7/17).

Selain itu, majelis hakim juga menjatuhkan pidana tambahan berupa membayar denda Rp 100 juta dengan ketentuan jika Ipul tidak membar denda tersebut maka diganti dengan hukuman kurungan selama 3 bulan.

Majelis menjatuhkan vonis di atas karena Saipul Jamil terbukti secara sah dan meyakinkan bersama-sama menyuap Rohadi sejumlah Rp 250 sebagaimana dakwaan alternatif kedua jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Adapun dakwaan tersebut yakni melanggar Pasal 5 Ayat (1) huruf b Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

“Mengadili, menyatakan terdaka Saipul Jamil terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama,” katanya.

Sebelum menjatuhkan vonis, majelis hakim mempertimbangkan hal meringakan dan memberatkan. Hal memberatkan, terdakwa Saipul Jamil tidak berterus terang mengakui perbuatannya.

“Hal-hal meringankan, bahwa terdakwa berlaku sopan di persidangan, menyesali atas perbuatan yang didakwakan kepadanya,” kata Baslin.

Atas vonis tersebut, terdakwa Saipul Jamil dan jaksa penuntut umum KPK menyatakan pikir-pikir. “Ya Yang Mulia, saya atas nama pribadi dan teman-teman memilih untuk pikir-pikir. Jadi saya akan rembukan dengan keluarga, saya akan pikir-pikir selama 7 hari,” ujar Ipul.

Sebelumnya, jaksa penuntut umum lembaga antirasuah alias KPK menuntut Saipul Jamil dihukum 4 tahun penjara dan membayar denda Rp 100 juta
subsider 6 bulan kurungan. (Ade)

Komentar

News Feed