oleh

Suara 3 Partai ini Akan Melejit Jika Usung Gatot Nurmantyo

Jakarta, Akuratnews.com – Mantan Panglima TNI Jenderal (Pur) Gatot Nurmantyo belum punya kendaraan politik untuk maju sebagai capres maupun cawapres pada Pilpres 2016.

Namanya banyak disebut, tapi belum ada partai yang secara terang-terangan mengusung mantan Pangkostrad ini.

Meski begitu, banyak yang memprediksi, Gatot bisa menjadi kuda hitam dalam Pilpres 2019 nanti.

“Hasil survei memperlihatkan Gatot ada di tiga (besar) orang kuat jadi capres. Ini masih ada waktu 11 bulan sehingga terbuka peluang untuk bisa mengubah situasi,” kata peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Ardian Sopa, , Selasa (08/05/18).

Mengacu pada hasil-hasil survei, kata Ardian, meski belum mendeklarasikan diri sebagai capres, nama mantan Panglima TNI itu selalu masuk tiga besar bakal capres, selain Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

“Kalau melihat hasil survei masih bisa untuk bertarung, apalagi Gatot secara pengenalan belum maksimal sehingga perlu lebih kuat sehingga Gatot bisa muncul sebagai capres alternatif yang mengubah peta politik,” katanya.

Survei yang dilakukan LSI Denny JA, 28 April hingga 5 Mei 2018 melibatkan 1.200 responden dengan wawancara tatap muka serentak di 34 provinsi.

Survei ini mengajukan pertanyaan ‘jika Partai Gerindra/PKB/Demokrat mengajukan Gatot Nurmantyo sebagai capres, partai mana yang akan dipilih dalam pemilu legislatif 2019?’

“Hasilnya menarik, partai yang disebutkan akan mengusung Gatot, elektabilitasnya menjadi naik. Gerindra naik menjadi 19,80 persen, Demokrat jadi 16,50 persen dan PKB jadi 15,80 persen,” ujarnya. (Red)

Komentar

News Feed