Beranda Olahraga Tahan Vietnam 2-2, Indonesia Jejaki Final Piala AFF 2016

Tahan Vietnam 2-2, Indonesia Jejaki Final Piala AFF 2016

62
0
BERBAGI
alterntif text

Hanoi, Akuratnews.com – Timnas Indonesia memastikan diri melangkah ke babak final setelah meraih kemenangan dramatis atas Vietnam di leg kedua semifinal Piala AFF 2016 yang digelar di Stadion My Dinh, Rabu (7/12/16) malam waktu setempat.

Ini adalah final kelima buat Tim Garuda di ajang turnamen antar negara ASEAN dua tahunan tersebut. Sebelumnya Indonesia pernah menembus final ada tahun 2000,2002, 2004, dan 2010.  Namun dari empat kali bermain di partai puncak, tak satupun yang berakhir menjadi juara.

Di babak final, Tim Merah Putih akan menunggu calon lawannya antara Thailand atau Myanmar. Thailand diunggulkan lolos karena di kandang lawan mereka berhasil mencuri kemenangan dengan 2-0.

Indonesia yang hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke final, bermain hati-hati sejak babak pertama dimulai. Pelatih Riedl sengaja memainkan pola bertahan dengan menurunkan lima bek di belakang dan menyisakan Boaz Salossa sendirian di depan.

Setelah bermain imbang 0-0 di babak pertama, pertandingan mulai berjalan menarik pada 45 menit kedua. Drama terjadi di babak ini dengan terciptanya tiga gol, satu untuk Indonesia dan dua buat tuan rumah. Hebatnya tuan rumah justru mencetak dua gol setelah bermain dengan sepuluh orang.

Tim tamu yang sudah tertinggal 0-1 dan bermain tanpa penjaga gawang yang dikartu merah hingga menit ke-82, di luar dugaan berhasil membalikkan keadaan dengan mencetak dua gol balasan untuk memaksa laga berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Sebelumnya Timnas Indonesia berhasil unggul lebih dulu lewat sosoran Stafano Lilipaly, namun disamakan oleh Vu Vanh Thanh dan Tuan Vu Minh di masa tambahan waktu.

Namun di babak perpanjangan waktu, angin segar kembali mengarah ke Indonesia setelah wasit memberikan hadiah penalti. Lewat sebuah serangan balik cepat, Ferdinan Sinaga yang tinggal berhadapan dengan kiper lawan ditekel dalam kotak penalti. Manahati yang menjadi algojo melakukan tugasnya dengan baik.

Indonesia sebenarnya bisa memperbesar keunggulan karena beberapa menit kemudian Rizky Pora kembali dilanggar oleh kiper Vietnam Que Ngoc Hai yang posisi aslinya adalah bek tengah. Wasit sudah menunjuk titik putih, tapi tiba-tiba membatalkan keputusannya setelah berkonsultasi dengan hakim garis. Ini jelas konspirasi karena dalam rekaman, Rizky tak sedang berada dalam kondisi offside.

Di sisa waktu di babak kedua perpanjangan waktu praktis tak ada peluang bagus yang tercipta. Skor imbang 2-2 tetap bertahan dan Indonesia berhak lolos dengan agregat gol 4-3 setelah di leg pertama menang dengan skor 2-1.

Susunan Pemain

Vietnam: Tran Nguyen Manh, Tran Dinh Dong, Truong Dinh Luat, Que Ngoc Hai, Vu Van Thanh, Nguyen Van Toan, Luong Xuan Truong, Nguyen Trong Hoang, Dinh Tranh Trunng, Nguyen Van Quyet, Le Cong Vinh.

Indonesia: Kurnia Meiga, Beny Wahyudi, Hansamu Yama Pranata, Fachrudin Wahyudi, Abduh Lestaluhu, Manahati Lestusen, Bayu Pradana, Andik Vermansyah, Stefano Lilipaly, Rizky Pora, Boaz Solossa. (Farhan)

alterntif text

LEAVE A REPLY