oleh

Wagubsu : Warga Binaan Butuh Pembinaan Komprehensif

Medan, Akuratnews.com  – Upaya pembinaan yang komprehensif sangat dibutuhkan para warga binaan.  Dengan upaya pembinaan kepada para warga binaan ini, mudah-mudahan mereka tidak lagi merasa ada di Lapas, tetapi tetap bersama kita.

Binaan secara komprehensif tersebut, lanjut Wagubsu, adalah upaya agar warga binaan (narapidana) memiliki harapan di masa depan, setelah sekian lama menjalani masa pembinaan di dalam Lapas. Berbagai keterampilan dan kepercayaan yang diberikan kepada mereka, diyakini akan mengubah pandangan negatif selama ini terhadap narapidana.

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH menyampaikan hal tersebut saat berbuka puasa bersama warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wanita Kelas II A Tanjung Gusta Medan, Rabu malam (30/5) disambut dengan penampilan group nasyid warga binaan Lapas Tanjung Gusta.

Terkait berbagai upaya menjadikan warga binaan lapas menjadi pribadi yang lebih baik dan produktif.Wagubsu Nurhajizah mengatakan, kalau kita berpangku tangan, bukan tidak mungkin kita akan tertinggal dari yang lain.

“ Mungkin kami bersama Pak Gubernur (HT Erry Nuradi) tidak akan lama lagi. Tetapi saya sendiri, akan tetap ada di Sumut. Kita sudah bekerja dan wajib merebut apa yang harus kita raih. Kita harus ‘berlari’, agar ketertinggalan ini bisa kita lewati,” ungkapnya,

Sementara, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sumut Priyadi mengatakan, dalam upaya  pembinaan, ada tiga komponen penting yang harus dilihat yakni warga binaan, petugas lapas dan ketiga adalah masyarakat. Karena itu, dirinya berterimakasih kepada Wagubsu Nurhajizah yang telah mendorong keterlibatan masyarakat, peduli terhadap kondisi narapidana di  lapas.

“Ini bentuk konkrit apa yang kita inginkan. Saya sepakat bila upaya paling tepat adalah pencegahan. Jadi tidak perlu lagi datang kemari, keluar biaya lagi,” sebutnya.

Mengingat dari laporan yang diterima, jumlah napi maupun tahanan di wilayah Sumut mencapai 32 ribu lebih sehingga dengan pembinaan yang melibatkan unsur masyarakat, kesempatan bagi warga binaan menjadi lebih baik dan semakin terbuka luas.  “Masih ada kesempatan kedua yang bisa kita lakukan. Mudah-mudahan ini tidak sekedar seremonial, karena ini adalah cita-cita kita semua,” katanya.

Acara berbuka puasa bersama tersebut juga diisi dengan penampilan group nasyid warga binaan lapas wanita (Kelas II A) Tanjung Gusta Medan. Serta penyampaian tausiyah dari penceramah, yang mengajak hadirin untuk mengisi bulan Ramadhan dengan ibadah dan mendekatkan diri para Allah SWT.

Usai acara, Wagubsu Nurhajizah pun berkeliling mengunjungi warga binaan yang telah memasuki sel. Dari dalam ruangan, para napi wanita menyapa Wagubsu dengan antusias, yang menurut mereka, telah memberikan perhatian besar kepada warga di lapas.

Turut hadir mendampingi Wagubsu Nurhajizah Marpaung, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sumut Nurlela, Plt Kepala Disdukcapil Sumut Zaki Abdullah dan Kabiro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Ilyas Sitorus. (Hsp)

Komentar

News Feed