oleh

Wujudkan Peradilan Sederhana, Cepat dan Murah, PN Surabaya Berlakukan Sistem “E-Court” 

Surabaya, Akuratnews.com – Ketua Pengadilan Negeri (PN) Surabaya H. Sujatmiko mengatakan, pihaknya tengah memberlakukan E-Court, sistem administrasi elektronik guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Program E-Court sangat cocok untuk memangkas waktu. Sehingga asas peradilan yang sederhana, cepat dengan biaya murah akan terpenuhi,” kata Sudjatmiko kepada Akuratnews.com, Kamis (7/06/2018).

Sudjatmiko menjelaskan, E-Court yang terbit berdasarkan peraturan MA (PerMA) nomor 3 tahun 2018 ini, membuat pendaftaran perkara oleh para pengacara, menjadi lebih mudah melalui sistem online.

“Namun, perlu diingat pendaftaran online tersebut bisa dilakukan oleh advokat atau pengacara yang sudah disumpah atau yang sudah divalidasi,” terangnya.

Selain untuk pendaftaran online, E-Court juga melayani penerimaan atau permohonan gugatan, replik, duplik dan kesimpulan. Pada E-Court, pemanggilanpun bisa dilakukan melalui email.

“Kalau pembuktian tidak bisa. Harus di hadapan Hakim kalau pembuktian,” katanya.

Kelemahannya, lanjut Sudjatmiko, sementara ini aplikasi E-Court hanya bisa diterapkan pada perkara perdata saja dan belum bisa untuk perkara pidana.

Di dalam aplikasi E-Court tersebut ada tiga sistem layanan yaitu, E-Filling (Pengiriman berkas sementara lewat scan email dan selanjutnya asli menyusul saat datang jalani sidang), E-Payment (Pembayaran biaya pendaftaran perkara melalui transfer langsung ke Bank sesuai petunjuk), serta E-Summons (Panggilan secara elektronik sesuai dengan persetujuan masing masing pihak, artinya jika para pihak sepakat).

“Rencana E-Court akan kita launching setelah lebaran. Saat ini masih dalam tahap penyempurnaan. Tetapi hari ini, tadi, sudah dicoba untuk yang E-Payment ternyata berhasil. Mudah-mudahan ke depannya aplikasi ini bisa berjalan dan bermanfaat bagi masyarakat Surabaya,” pungkas Sudjatmiko. (Rif)

Komentar

News Feed