10 Menit di Luar Angkasa, Jeff Bezos Sebut Bumi Kecil dan Rapuh

AKURATNEWS - Walau hanya 10 menit berada di luar angkasa, bos Amazon Jeff Bezos menyatakan jika pengalamannya itu sangat berkesan. Menurutnya, pengalaman paling berkesan yang ia rasakan dalam perjalanan singkatnya ke luar angkasa adalah pemandangan spektakuler bumi.

"Setiap astronot yang pernah ke luar angkasa, mereka mengatakan bahwa itu mengubah mereka. Mereka melihatnya dan mereka kagum dan terpesona oleh bumi dan keindahannya, tetapi juga oleh kerapuhannya dan saya dapat menjamin itu," katanya setelah penerbangan awak pertama Blue Origin seperti dikutip dari AFP, Rabu (21/7).

Dia mengatakan selama di bumi, dirinya melihat atmosfer tampak sangat besar. Tapi, ketika dia berada di atasnya, semuanya terlihat sangat tipis, kecil dan rapuh.

"Dan saat kita bergerak di sekitar planet, kita merusaknya. Ini adalah satu hal untuk mengenali itu secara intelektual. Itu adalah hal lain untuk benar-benar melihat dengan mata kepala sendiri," katanya.

Ditanya apakah dia akan pergi lagi ke luar angkasa, Bezos berkata itu semua akan dilakukannya. Tapi, itu bergantung seberapa cepat bahan bakar diisi.

"Ya, seberapa cepat kita bisa mengisi bahan bakar itu? Ayo pergi," katanya.

Selain bercerita soal kesannya jalan-jalan ke luar angkasa, Bezos juga memuji kerja tim teknik yang telah mendukung perjalanannya itu.

Bezos berwisata ke luar angkasa pada Selasa (20/7) bersama tiga astronot lainnya, yakni Mark Bezos, Wally Funk, dan Oliver Daemen. Mereka terbang dengan menggunakan pesawat bertenaga roket dengan dengan kecepatan 3.701 kilometer per jam milik Blue Origin.

Seluruh rangkaian perjalanan Jeff Bezos ke luar angkasa pada Selasa (20/7) tuntas dalam waktu sekitar 10 menit 18 detik, mulai dari peluncuran roket hingga kapsul New Shepard mendarat dengan aman di Bumi.

Roket buatan Blue Origin, perusahaan milik Bezos, mulai bergerak vertikal ke angkasa dari landasan pacu pada pukul 20.15 WIB. Enam belas detik kemudian, kapsul mulai bergerak memutar perlahan yang memberikan pemandangan 360 derajat buat para astronot.

Kemudian New Shepard melepaskan diri dari roket pendorong dan melanjutkan penerbangan ke angkasa. Sementara itu roket mendarat sempurna secara vertikal di landasan.

New Shepard masuk ke titik tertinggi penerbangannya, lebih dari 104 kilometer dari permukaan Bumi. Bezos dan tiga astronot lainnya pun mendapatkan pengalaman kehilangan berat, seolah-olah tanpa gravitasi.

...
Penumpang kapsul New Shepard.

Para astronot kehilangan berat karena dorongan roket kapsul dan minim pengaruh gravitasi, sampai akhirnya daya dorong itu habis dan gravitasi mulai menariknya kembali. Hal ini memberikan sensasi ekstrem dari apa yang dirasakan saat di puncak rel roller coaster.

Semua penumpang kapsul dapat melepaskan sabuk pengaman di kursi lalu melayang di kabin sambil melihat bumi dan juga luar angkasa.

Usai mendapatkan pengalaman itu, kapsul turun kembali ke bumi dengan bantuan tiga parasut besar yang menahan kecepatannya jatuh sampai mendarat dengan aman.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga