Kisah Pilu G30S PKI

10 Perempuan Tertuduh Pembunuh Para Jenderal

Setelah sempat pindah sel dari Solo ke Yogya, ia akhirnya dibebesakan. Ia bertemu dengan seseorang yang juga dipenjara dan menjalani kehidupan dengannya setelah bebas.

7. Sus – Dosen Universitas

Sus ditangkap pada 10 Oktober 1965, ketika hendak melanjutkan studinya. Ia sebelumnya mengampu sebagai dosen di sebuah universitas di Yogyakarta dan aktif mengikuti organisasi mahasiswa ketika masih kuliah.

Awalnya, ia dimasukkan ke tangsi di Kentungan, Yogyakarta. Lalu, pada tahun 1967-1975, ia dipindahkan ke tahanan perempuan di Plantungan.

Selama delapan tahun di sana, ia akhirnya dibebaskan tanpa ada proses pengadilan. Setelah dirinya bebas, ia didustai oleh seorang perwira dan dibawanya sebagai saksi.

Ternyata, tentara itu membawa Sus ke rumahnya, dan setiap malam ia dipaksa menjadi budak nafsu perwira itu.

8. Suparti – Aktivis BTI

Suparti merasa hidupnya hancur karena suaminya adalah seorang PKI. Pamannya juga seorang anggota BTI.

Tanggal 1 Oktober 1965, suami Suparti pergi dijemput kedua temannya. Menjelang magrib pada tanggal 5 Oktober, sejumlah pemuda, polisi dan tentara datang ke rumahnya di Kediri.

Ia ditanya tentang keberadaan suaminya, lalu dibawa ke sebuah pos di pinggir kota bersama dengan 25 tawanan lainnya.

Ia di masukkan ke sebuah ruangan, diminta telanjang dan mulai disiksa dengan menampar pipinya.

Sejumlah pertanyaan terus diajukan terkait suaminya. Lalu, ia juga dibawa di sebuah pos tentara ke arah Nganjuk. Ia terus disiksa selama dua hari dan diperkosa sebanyak 5 kali.

Selanjutnya 1 2 3 4 5 6 7

Baca Juga