100 Personil Kodim 0603/Lebak Diterjunkan Ke Lokasi Bencana Longsor Di Kecamatan Bayah Dan Cibeber

Personil Kodim 0603/Lebak bahu-membahu membuka akses jalan yang terputus akibat banjir bandang dan longsor di Kecamatan Bayah, Lebak. Banten. Minggu (8/12). dok

Banten, Akuratnews - Banjir Bandang akibat hujan deras mengakibatkan terjadinya tanah longsor di wilayah Kabupaten Lebak, Banten.

Longsor yang terjadi pada Jumat (6/12) lalu di beberapa kecamatan diantaranya Kecamatan Bayah dan Cibeber memutus akses jalan di Kampung Ciulus.

Dandim 0603/Lebak Letkol Kav Yudha Setiawan menyampaikan, guyuran hujan deras tejadi pada pukul 15.30 WIB di Kecamatan Bayah menyebabkan Sungai Cimadur meluap dan mengenangi sejumlah rumah warga, sawah serta jalan di Kampung Taringgul dan Sukamanah Desa Cimancak.

"Banjir bandang di kawasan kecamatan Bayah akibat luapan air dari sungai Cimandur," kata Letkol Kav Yudha Setiawan. Senin (9/12).

Selain itu, banjir bandang juga mengakibatkan terjadinya longsor di 12 titik di sepanjang jalan dari Cipulus hingga Kampung Ciusul.

"Akibat longsor satu jembatan putus serta 9 orang di kawasan tambang emas ilegal diduga tertimbun longsor pada kedalaman lebih 400 meter," terangnya.

Adanya laporan akses jalan yang terputus dan warga yang tertimbun longsor, Dandim 0603/Lebak Letkol Kav Yudha Setiawan segera menerjunkan 100 personel untuk membantu mengevakuasi korban dan membuka akses jalan.

"Kita terjunkan 100 personil ke Cibeber dan Bayah untuk membantu masyarakat yang menjadi korban bencana tersebut," papar Dandim.

Personel Kodim 0603/Lebak memfokuskan mengevakuasi warga yang tertimbun longsor dan membuka akses jalan yang tertutup tanah longsor bersama dengan Basarnas dan BPBD Lebak.

"Kondisi disini cukup terjal, alat berat juga cukup sulit untuk masuk, oleh karenaya fokus kita membuka akses jalan untuk memudahkan proses evakuasi korban yang tertimbun, kita berharap proses evakuasi ini dapat berjalan lancar," pungkas Dandim.

Tim Sar terdiri dari Basarnas, Kodim 0603/Lebak dan Polres Lebak, BPBD, relawan BSMl, BPBD, PMI, Tagana, Balawista dan warga sekitar.

Sampai dengan saat ini Kodim 0603/Lebak masih bersiaga di lokasi bencana baik banjir di lokasi Kecamatan Bayah maupun lokasi banjir dan longsor di Kecamatan Cibeber.

Akses jalan di Kampung Ciusul yang terputus sudah kembali normal, sehingga bisa di gunakan aktifitas warga setempat.

Penulis:

Baca Juga