1000 Lowongan Pegawai Negeri Sipil Sumatera Utara

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Propinsi Sumatera Utara, Kaiman Turnip. (HSP/Akuratnews)
Kepala Badan Kepegawaian Daerah Propinsi Sumatera Utara, Kaiman Turnip. (HSP/Akuratnews)

Medan, Akuratnews.com - Sudah lima tahun pemerintah propinsi Sumatera Utara tidak membuka lowongan pegawai negeri sipil. Tahun ini, Badan Kepegawaian Daerah Propinsi Sumatera Utara mengusulkan 1000 lowongan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Propinsi Sumatera Utara Kaiman Turnip menyampaikan hal tersebut kepada Wartawan, Rabu (29/08. Menurutnya, Pemprovsu kemungkinan membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun ini. Tetapi tentang formasinya, Pemprov Sumut belum mendapat informasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) tentang berapa formasi yang akan diterima Pemprovsu.

Sampai sekarang, kata Kaiman, BKD Provsu masih menunggu. Memang kita sudah menerima kabar pembukaan CPNS 2018 sebanyak 200 ribu lebih seluruh Indonesia, dari Kemenpan RB.

“Mekanismenya tetap sama. Artinya pengajuan dilakukan dari OPD (organisasi perangkat daerah) terkait kepada Biro Organisasi. Setelah itu kami akan memfasilitasi pengiriman data via online ke Kemenpan RB,” katanya.

Sesuai arahan Kemenpan RB, setelah ada permohonan proses analisis jabatan (Anjab) dan analisis beban kerja (ABK) dari OPD terkait, pihaknya akan menginput data tersebut melalui sistem e-Formasi.

Menurutnya, kebutuhan 200 ribu lebih CPNS seperti disampaikan Menpan RB, difokuskan di bidang kesehatan dan pendidikan dan tenaga Teknis yang mendukung RJPMD. Kebutuhan itu mengingat sebanyak itu pula PNS yang memasuki masa pensiun. Batas usia pensiun yang kita usulkan 1300 sesuai kebutuhan 1.000 lebih nanti pusat yang menentukan.

"Saat ini jumlah pegawai Pemprovsu mencapai 28.000 kurang lebih. Bertambahnya jumlah pegawai tersebut karena bergabungnya tenaga pendidik SMA/ SMK Kabupaten/Kota yang sekarang dikelola Pemprovsu" ucapnya. (HSP)

Penulis:

Baca Juga