12 Wakil Menteri Dilantik, Presiden Jokowi Minta Kabinet Indonesia Maju Diperkuat

Jakarta, Akuratnews.com - Presiden Joko Widodo melantik para wakil menteri yang akan membantu kerja sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju. Sejumlah dua belas wakil menteri dilantik di Istana Negara, Jakarta, pada Jumat, 25 Oktober 2019.

Sebelum dilantik, Presiden Jokowi terlebih dahulu memperkenalkan para wakil menteri di veranda Istana Merdeka. Pelantikan wakil menteri negara ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 72/M Tahun 2019 tentang Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Surat keputusan presiden tersebut dibacakan oleh Deputi Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Cecep Sutiawan. Setelah itu, Presiden Joko Widodo memimpin pengucapan sumpah jabatan para wakil menteri.

"Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," demikian Presiden mendiktekan sumpah jabatan.

Acara pelantikan tersebut kemudian diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk kemudian diikuti oleh tamu undangan yang hadir.

Pada pagi harinya, Presiden Jokowi telah bertemu dengan seluruh calon wakil menteri satu per satu. Nantinya, kata Presiden, para wakil menteri ini akan memberikan dukungan pada tugas-tugas menterinya.

"Menurut saya, profilnya sangat bagus dalam rangka memperkuat Kabinet Indonesia Maju," imbuhnya.

Inilah nama kedua belas Wakil Menteri:

1. Mahendra Siregar sebagai Wakil Menteri Luar Negeri.
2. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Wakil Menteri Pertahanan.
3. Zainut Tauhid Sa'adi sebagai Wakil Menteri Agama;
4. Suahasil Nazara sebagai Wakil Menteri Keuangan;
5. Jerry Sambuaga sebagai Wakil Menteri Perdagangan.
6. Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
7. Aloe Dohong sebagai Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
8. Budi Arie Setiadi sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.
9. Surya Tjandra sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional.
10. Budi Gunadi Sadikin sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara I.
11. Kartika Wirjoatmodjo sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara II.
12. Angela Herliani Tanoesoedibjo sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Penulis: Rianz
Editor: Ahmad Ahyar
Photographer: Setpres

Baca Juga